Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ekonomi Terkontraksi, Jepang dalam Bayang-Bayang Resesi

Revisi data ekonomi yang memperlihatkan kontraksi ekonomi Jepang sebesar 0,6% secara tahunan pada kuartal I/2018 semakin meningkatkan ancaman resesi jika pelemahan terus belanjut pada kuartal II/2018.
Seorang pekerja berjalan di areal pabrik yang berada di zona industri Keihin, Kawasaki, Jepang (8/3/2017)./.Reuters-Toru Hanai
Seorang pekerja berjalan di areal pabrik yang berada di zona industri Keihin, Kawasaki, Jepang (8/3/2017)./.Reuters-Toru Hanai

Bisnis.com, JAKARTA -- Revisi data ekonomi yang memperlihatkan kontraksi ekonomi Jepang sebesar 0,6% secara tahunan pada kuartal I/2018 semakin meningkatkan ancaman resesi jika pelemahan terus belanjut pada kuartal II/2018.

Berdasarkan median yang diestimasikan oleh polling Reuters, ekonom memperkirakan PDB akan direvisi menjadi 0,4% secara tahunan. Namun, revisi turun dari pengeluaran konsumen juga mengimbangi kenaikan belanja modal.

Kontraksi kuartal I/2018 juga menandakan akhir dari pertumbuhan delapan kuartal berturut-turut, periode ekspansi terpanjang sejak gelembung ekonomi pada 1980-an.

Indeks pengeluaran konsumen direvisi turun dan memperlihatkan pelemahan sedikit pada kuartal I/2018, yang dapat meningkatkan kekhawatiran bahwa ekonomi telah melewati puncaknya.

Pertumbuhan produk domestik bruto (PDB) secara tahunan yang diartikan ke dalam kontraksi kuartal-ke-kuartal direvisi menjadi 0,2% secara riil, tidak berubah dari data sebelumnya. Adapun median perkiraannya adalah kontraksi sebesar 0,1%.

Konsumsi privat, yang berkontribusi untuk lebih dari setengah PDB, turun 0,1% pada Januari-Maret dibandingkan kuartal sebelumnya. Data ini juga tidak berubah dari rilis sebelumnya.

Adapun pengeluaran untuk barang-barang tahan lama jatuh 0,9% untuk pertama kalinya, dibandingkan 2,1% kenaikan pada kuartal sebelumnya. Menurut pejabat pemerintah, hal ini dipengaruhi oleh penurunan penjualan mobil dan ponsel.

Searah, pengeluaran untuk barang-barang semi-tahan lama juga turun 1,8%, dari kenaikan 1,3% pada kuartal sebelumnya karena pengeluaran untuk pakaian berkurang.

Sementara komponen belanja modal tumbuh 0,3% dari kuartal sebelumnya, lebih dafi perkiraan median pertumbuhan 0,2% dan data awal penurunan 0,1%.

Meskipun demikian, data revisi permintaan domestik melemah 0,2% dari PDB, atau tidak berubah dari data sebelumnya.

Ekspor bersih (ekspor dikurang impor yang berkontribusi 0,1% untuk pertumbuhan ekonomi) juga tidak berubah dari estimasi awal.

Data tersebut pun menunjukkan bahwa program PM Jepang Shinzo Abe untuk mendorong perekonomian, ‘Abenomics’, akan kehilangan momentum dan inflasi masih jauh dari target bank sentral Jepang (BOJ) di level 2%.

Ekonom juga telah memperingatkan risiko resesi teknikal akan meningkat jika indikator ekonomi pada Mei dan Juni tidak memperlihatkan perbaikan.

“Saya tetap memperkirakan ekonomi akan melaju kembali pada kuartal II/2018, namun perkiraan output industri tidak terlalu kuat, dan friksi perdagangan dapat menjadi masalah,” kata Shuji Tonouchi, Senior Ekonom Pemasaran di Mitusbishi UFJ Morgan Stanley Securities, seperti dikutip Reuters, Jumat (8/6/2018).

Adapun penurunan konsumsi privat kemungkinan menambahkan kekhawatiran ke dalam ekonomi Jepang setelah proyeksi melemahnya pengeluaran rumah tangga dan output industri.

Data tersebut diperkirakan akan terus memberatkan langkah BOJ untuk mencapai target inflasi sebesar 2%, sebuah batas yang diinginkan bank sentral untuk mendorong perekonomian menjauhi deflasi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dwi Nicken Tari
Editor : Fajar Sidik
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper