Penuhi Kebutuhan Lebaran, Bank BJB Siapkan Rp14,4 Triliun

PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten (Bank BJB) menyiapkan dana likuiditas sebesar kurang lebih Rp14,4 triliun guna memenuhi kebutuhan dana masyarakat selama Ramadan dan menjelang Lebaran.
Ilman A. Sudarwan | 12 Juni 2018 16:53 WIB
Karyawan melayani nasabah di Kantor Bank BJB Cabang Tamansari, Bandung, Jawa Barat. - JIBI/Rachman

Bisnis.com, JAKARTA— PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten (Bank BJB) menyiapkan dana likuiditas sebesar kurang lebih Rp14,4 triliun guna memenuhi kebutuhan dana masyarakat selama Ramadan dan menjelang Lebaran.

Besaran dana yang disiapkan tahun ini meningkat 50% dibandingkan tahun lalu. Hal ini disebabkan oleh beberapa kebutuhan dana tambahan seperti pencairan Dana Sertifikasi Guru, Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS).

Direktur Utama Bank BJB Ahmad Irfan mengatakan, kebutuhan dana juga dikontribusi oleh kebutuhan pencairan dana untuk pemberian gaji aparatur sipil negara (ASN) dan Pensiunan, serta Gaji ke-14 ASN dan Pensiuunan.

Selain dana likuiditas, Bank BJB juga menyediakan layanan kepada nasabah selama Ramadan hingga Lebaran nanti melalui layanan weekend banking yang akan tetap beroperasi seperti biasa setiap akhir pekan, dan hanya tutup pada 10, 16, dan 17 Juni 2018.

Di samping itu, Irfan juga mengatakan bahwa Bank BJB juga menyediakan layanan non operasional kantor untuk menjamin kelancaran transaksi nasabah selama liburan melalui layanan e-channel seperti layanan BJB ATM, BJB NET, BJB SMS, dan BJB EDC atau BJB Digi.

“Layanan menjelang liburan Lebaran didukung oleh piribuan jaringan ATM Bank BJB yang  tersebar di wilayah trategis Indonesia serta didukung oleh jaringan ATM bersama dan Jaringan PRIMA yang tersebar di seluruh Indonesia,” katanya sebagaimana dikutip dari siaran pers.

Selain dapat menunjang kebutuhan penarikan uang tunai, Irfan menambahkan layanan e-channel juga dapat digunakan untuk melakukan pembayaran kebutuhan nasabah seperti pembayaran air, telepon, kartu kredit, televisi, dan lain-lain.

Selain penyediaan layanan dan dana likuiditas, Bank BJB juga menjadi mitra BI untuk menyiapkan layanan penukaran uang pecahan kecil (UPK) melalui mobil layanan kas yang dilaksanakan di Jakarta pada akhir Mei lalu dan di Pondok Indah pada awal Juni.

Sementara itu, di kawasan Bandung sendiri penukaran uang dilaksanakan pada 21 Mei hinga 7 Juni di sejumlah tempat seperti Monumen Perjuangan Rakyat, Lapangan Tegalega, Alun-alun Ujung Berung, dan Halaman Parkir Balaikota Bandung.

Untuk diketahui, Bank Indonesia (BI) menyediakan uang kartal untuk persiapan lebaran sebesar Rp188,2 triliun. Uang kartal tersebut telah disebarkan ke seluruh kantor perwakilan BI di Indonesia untuk kebutuhan selama Ramadan dan Lebaran.

Selama Ramadan ini, Bank BJB juga menerima layana penukaran uang melalui Kantor Cabang Pembantu (KCP) Pemkot Bandung yang ditunjuk bersama bank-bank lain secara khusus melayani penukaran uang di sekitar bank Indonesia untuk wilayah Bandung.

Tag : bank bjb
Editor : Martin Sihombing

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top