Ini Tips Pengelolaan Keuangan bagi Pekerja

Bagi orang yang sudah bekerja, pelajaran finansial justru menjadi semakin penting. Dengan perencanaan yang cerdas, strategi yang baik dan pemahaman terkait manajemen uang, Anda dipastikan bakal mampu melakukan kontrol terhadap finanasial Anda.
Nindya Aldila | 22 Juni 2018 21:01 WIB
Tips Keuangan. - Bisnis.com

Bisnis.com , JAKARTA--Bagi orang yang sudah bekerja, pelajaran finansial justru menjadi semakin penting.

Dengan perencanaan yang cerdas, strategi yang baik dan pemahaman terkait manajemen uang, Anda dipastikan bakal mampu melakukan kontrolterhadap finanasial Anda.

Dikutip dari The Balance, beberapa sembilan poin berikut merupakan pelajaran finansial bagi Anda yang sudah bekerja:

  1. Menetapkan tujuan

Jika Anda tidak memiliki tujuan, maka akam sulit membangun motivasi. Apakah ingin membeli rumah atau kendaraan impian Anda, cermatlah dalam menentukan tujuan.

Setelah itu, perhitungkan berapa uang yang harus Anda simpan untuk mencapai tujuan tersebut.

2. Mulailah sesegera mungkin

Semakin cepat Anda memulai untuk menabung, maka semakin banyak uang yang dapat Anda kumpulkan. Selain itu, semakin banyak pula return yang bisa Anda dapat dari investasi yang Anda lakukan.

3. Belanjakan uang tidak lebih dari pendapatan

Gaya hidup belanja akan memudahkan seseorang untuk terjerumus ke dalam hedonisme. Paling tidak, tabunglah sekitar 15% dari pendapatan Anda.

Untuk mencegah pemborosan, biasakanlah membayar kebutuhan sehari-hari dengan tunai, bukan dengan kartu kredit atau kartu debit. Dengan demikian, Anda lebih mudah mengawasi pengeluaran.

4. Membuat bujet.

Bujet memberikan peran yang sangat penti g terutama dalam mengatur cicilan utang, jika Anda menentukan pengeluaran sehari-hari akan Anda akan lebih bisa menyesuaikan kondisi finansial Anda.

 5. Manfaatkan otomatisasi

Anda bisa menggunakan fitur autodebet untuk menyisihkan sekian rupiah untuk ditransfer ke dalam rekening tabungan jangka panjang Anda.

Dengan begitu Anda tidak akan lupa untuk menabung.

Tag : tips keuangan
Editor : Rustam Agus

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top