Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pengembang Perumahan Masih Andalkan Pinjaman Bank

Bisnis.com, JAKARTA Perbankan terus menjadi sumber dana andalan bagi para pengembang properti dalam membiayai kebutuhan pembangunan suatu proyek hunian.
perumahan
perumahan

Bisnis.com, JAKARTA — Perbankan terus menjadi sumber dana andalan bagi para pengembang properti dalam membiayai kebutuhan pembangunan suatu proyek hunian.

Statistik Sistem Keuangan Indonesia (SSKI) yang dilansir Bank Indonesia mencatat sepanjang kuartal I/2018 , komposisi pembiayaan yang digunakan oleh pengembang properti sebesar 31,87% berasal dari bank. Sumber terbesar lainnya tetap dari kocek internal 57,84%.

Direktur PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. Budi Satria mengatakan, sikap bank dalam memperlakukan pengembang properti berbeda satu dengan yang lain. “Ini berdasarkan risiko yang diindentifikasi bank dan akan diwujudkan dalam persyaratan untuk memastikan kredit akan berjalan baik,” ucapnya kepada Bisnis,  Senin (25/6/2018).

BTN mengaku memiliki metode penilaian untuk menentukan risiko dari suatu kredit kepada pengembang properti. Dengan mengkaji berbagai potensi risiko kredit yang ada, bank selanjutnya membuat syarat tertentu untuk memastikan kredit berjalan baik.

Budi mengimbuhkan, ukuran bahwa suatu penyaluran kredit kepada pengembang properti berjalan baik ialah debitur mampu menyelesaikan kewajibannya kepada bank. Intinya, tutur dia, perbedaan persyaratan kredit akan diterapkan sesuai dengan risiko yang dapat diidentifikasi.

“[Fokus utama dalam memitigasi risiko] itu ya pasti dari segi kelayakan proyeknya, legalitas lahan, dan proyeknya secara keseluruhan,” katanya.

SSKI BI juga mencatat bahwa sepanjang per Maret tahun ini penyaluran kredit konstruksi perumahan tumbuh 10,65% (year on year) menjadi Rp47,97 miliar. Adapun, rasio kredit bermasalah (nonperforming loan / NPL) di segmen ini tercatat 3,80%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dini Hariyanti

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper