Mini Tax Holiday Buka Peluang Investor Dapat Insentif Ganda

Bisnis.com, JAKARTA Seiring dengan rencana penggunaan online single submission atau OSS, pemerintah pun mengaku masih bergegas menyelesaikan insentif untuk masuk dalam sistem izin daring tersebut.
Ipak Ayu H Nurcaya | 27 Juni 2018 17:54 WIB

Bisnis.com, JAKARTA — Seiring dengan rencana penggunaan online single submission atau OSS, pemerintah pun mengaku masih bergegas menyelesaikan insentif untuk masuk dalam sistem izin daring tersebut.

Setelah tax holiday, revisi tax allowance, tak lama lagi Kementerian Keuangan akan merilis PMK baru untuk pemberian insentif yang disebut dengan mini tax holiday.

Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kemenkeu Suahasil Nazara mengatakan, mini tax holiday akan diberikan bagi investor dengan modal usaha di atas Rp100 miliar sampai dengan Rp500 miliar.

Menurutnya, saat ini pemerintah masih mendiskusikan skema peruntukannya. Ada dua opsi yang akan dipilih.

Pertama, sektor yang sesuai dengn tax holiday atau mencakup industri pionir seperti pengolahan minyak, besi dan baja, industri komponen dan sejenisnya. Namun, dengan nilai investasi lebih kecil atau di bawah Rp500 miliar.

Kedua, perluasan sektor dengan mempertimbangkan pemberian insentif ganda jika memenuhi syarat diskon pajak atau tax allowance.

"Dimensinya tidak simpel, itu yang akan kami putuskan apakah bisa sudah dapat mini tax holiday tetapi juga dapat tax allowance atau tidak," katanya kepada Bisnis, belum lama ini.

Meski demikian, Suahasil optimistis jika tidak ada aral melintang PMK akan dirilis dalan waktu dekat atau sebelum Juli berakhir.

Tag : tax holiday
Editor : Achmad Aris

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top