Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pelemahan Rupiah: Ini 2 Lini Bisnis Perbankan yang Terpengaruh

Pelemahan nilai tukar rupiah terhadap Dolar AS diperkirakan akan memberikan dampak signifikan terhadap industri perbankan.
Uang rupiah./Bloomberg-Brent Lewin
Uang rupiah./Bloomberg-Brent Lewin

Bisnis.com, JAKARTA – Pelemahan nilai tukar rupiah terhadap Dolar AS diperkirakan akan memberikan dampak signifikan terhadap industri perbankan.

Nilai tukar rupiah berbalik melemah 8 poin atau 0,06% ke level Rp14.402 per dolar AS seiring pergerakan IHSG pada pembukaan perdagangan hari ini, Jumat (29/6/2018), tercatat menguat 37 poin atau 0,26% ke level Rp14.357 per dolar AS seiring pergerakan IHSG pada akhir sesi I.

Ekonom Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Bhima Yudhistira Adhinegara mengatakan dampak pelemahan rupiah terhadap dolar AS akan memengaruhi dua lini bisnis perbankan secara signifikan.

Pertama, likuiditas dalam valuta asing (valas) akan semakin mengalami pengetatan. Beberapa bank sebelumnya pernah menyebutkan dana simpanan valas mengalami penurunan setiap nilai tukar antar kedua mata uang tersebut mengalami penurunan.

Kedua, kredit perbankan dalam valas akan menjadi kurang diminati dengan adanya kemungkinan risiko missmatch selisih kurs yang meningkat sehingga berdampak pada cost of borrowing bank.

"Jadi, kebanyakan pengusaha akan memilih untuk rem [menahan pengajuan] kredit valas," ujarnya kepada Bisnis, Jumat (29/6/2018).

Terlebih lagi dengan potensi kenaikan Fed rate yang dikabarkan akan terjadi hingga 4 kali tahun ini yang dapat menyebabkan bunga valas dalam dolar AS semakin mahal.

"Prediksinnya pembiayaan alternatif berdenominasi rupiah lebih aktraktif, seperti IPO dan penerbitan obligasi. Exposure risk-nya relatif lebih terkendali," tambahnya.

Bank Indonesia melalui PBI NOMOR 16/9/PBI/2014 telah mewajibkan perbankan untuk memberlakukan sistem hedging atau lindung nilai terkait bisnis kredit di luar negeri yang mengharuskan adanya proses nilai tukar.

Kebijakan ini diterapkan guna meminimalisir risiko transaksi maupun investasi yang disebabkan oleh fluktuasi nilai tukar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nirmala Aninda
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper