Menteri Rini Sebut Telah Lakukan “Fit and Proper Test” Dirut Baru Pertamina

Menteri Badan Usaha Milik Negara Rini M. Soemarno mengatakan akan segera mengumumkan Direktur Utama PT Pertamina (Persero) yang terbaru dalam waktu dekat.
M. Nurhadi Pratomo | 30 Juni 2018 16:05 WIB
Menteri BUMN Rini Soemarno (kanan) berjabat tangan dengan veteran saat menghadiri Rakor BUMN di Nusa Dua, Badung, Bali, Jumat (9/2/2018). - ANTARA/Wira Suryantala

Bisnis.com,JAKARTA— Menteri Badan Usaha Milik Negara Rini M. Soemarno mengatakan akan segera mengumumkan Direktur Utama PT Pertamina (Persero) yang terbaru dalam waktu dekat.

Rini mengatakan telah mengusulkan beberapa nama calon kepada Presiden Joko Widodo. Selain itu, telah dilakukan fit and proper test untuk calon yang akan mengisi kursi di jajaran tertinggi manajemen Pertamina.

“Tidak lama lagi semoga di Juli 2018. Kami menjaga supaya direksi secara total satu tim yang mempunyai komitmen,” ujarnya di Jakarta, Sabtu (30/6/2018).

Dia menjelaskan bahwa Pertamina memiliki dua fungsi utama yakni peningkatan nilai dan agen pembangunan. Dengan demikian, kedua fungsi tersebut harus betul-betul dijalankan.

“Makanya mengapa Presiden sedang meninjau betul calon yang diusulkan,” imbuhnya.

Seperti diketahui, Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) selaku pemegang saham mayoritas telah memutuskan pergantian lima jajaran Direksi Pertamina dalam rapat umum pemegang saham luar biasa (RUPSLB), Jumat (20/4/2018). Pemerintah memutuskan untuk mencopot jabatan Direktur Utama, Direktur Megaproyek Pengolahan dan Petrokimia, Direktur Pengolahan, Direktur Manajemen Aset, dan Direktur Pemasaran Korporat.

Saat itu, Rini memberhentikan dengan hormat Elia Massa Manik sebagai Direktur Utama. Sebagai gantinya, RUPSLB telah menunjuk Nicke Widyawati sebagai Pelaksana Tugas Direktur (PLT) Utama sekaligus Direktur Sumber Daya Manusia.

Tag : pertamina
Editor : Andhika Anggoro Wening

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top