BPS Rilis Angka Inflasi Juni Siang Ini, Ekonom Kaitkan dengan Harga Bahan Pangan Saat Lebaran

Sekitar 0,3% - 0,4%, lebih rendah dibanding juni tahun lalu, karena inflasi komponen bahan pangan di Lebaran tahun ini rendah, kata Faisal kepada Bisnis.com, Senin (2/7/2018).
Linda Teti Silitonga | 02 Juli 2018 10:02 WIB
Pedagang cabai di sebuah pasar tradisional Wonosari, Yogyakarta. - Bloomberg/Dimas Ardian

Bisnis.com, JAKARTA— Badan Pusat Statistik (BPS) hari ini akan merilis angka inflasi Juni 2018.

Direktur Center of Reform on Economics (Core) Indonesia Mohammad Faisal memprediksi angka inflasi Juni 2018 lebih rendah dibandingkan periode sama tahun lalu.

“Sekitar 0,3% - 0,4%, lebih rendah dibanding juni tahun lalu, karena inflasi komponen bahan pangan di Lebaran tahun ini rendah,” kata Faisal kepada Bisnis.com, Senin (2/7/2018).

Dia mengemukakan, inflasi bahan pangan biasanya merupakan komponen terbesar pendorong inflasi Lebaran, komponen inflasi yang lain kan juga cenderung meningkat di momen Idulfitri, terutama komponen transportasi, makanan jadi dan sandang.

Seperti diketahui, Dari laman BPS disebutkan, Kepala BPS Suhariyanto yang akan mengumumkan angka inflasi Juni hari ini, pk. 11.00 WIB.

BPS telah mengumumkan angka inflasi Mei 2018 sebesar 0,21%, sedangkan inflasi secara tahun kalender 2018 mencapai 1,3% dan inflasi tahun ke tahun di level 3,23%.

Hasil tersebut diperoleh dari pemantauan Badan Pusat Statistik (BPS) di 82 kota seluruh Indonesia. Dari data BPS, 65 kota mengalami inflasi dan 17 kota tercatat mencetak deflasi.

Tag : Inflasi
Editor : Linda Teti Silitonga

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top