Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rini Soemarno Tekankan Lima Kompetensi Wajib Dimiliki Bos BUMN

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menegaskan tentang pentingnya kepemimpinan dalam BUMN dan kontribusinya bagi kemajuan bangsa dan negara.
Menteri BUMN Rini Soemarno (kanan) didampingi oleh CEO Executive Center for Global Leadership (ECGL) Tanri Abeng menjawab pertanyaan peserta dalam The ECGL Leadership Forum di Jakarta, Rabu (4/7/2018)./IBI-Felix Jody Kinarwan
Menteri BUMN Rini Soemarno (kanan) didampingi oleh CEO Executive Center for Global Leadership (ECGL) Tanri Abeng menjawab pertanyaan peserta dalam The ECGL Leadership Forum di Jakarta, Rabu (4/7/2018)./IBI-Felix Jody Kinarwan

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menegaskan tentang pentingnya kepemimpinan dalam BUMN dan kontribusinya bagi kemajuan bangsa dan negara. Rini menekankan lima kompetensi yang harus dimiliki pemimpin perusahaan pelat merah.

Hal ini diungkapkan Rini dalam acara Executive Center for Global Leadership (ECGL) yang bertema “Redefining Leadership Making a Difference” dalam rangka merayakan pencapaiannya di tahun ke-16 ECGL yang diselenggarakan di Fairmont Hotel Jakarta, Rabu (4/7/2018).

Dia menceritakan menjadi pemimpin, apalagi perempuan di antara direktur-direktur BUMN paling utama adalah membentuk sikap hormat diantara mereka. "Caranya ya, dengan lakukan apa yang dikerjakan dan percaya akan apa yang dikerjakan," begitu ungkapnya.

Rini mengatakan menjadi seorang pemimpin di BUMN, terdapat 5 kompetensi utama yang harus dimiliki yaitu:

1. Dapat membangun hubungan strategis bagi pemangku kepentingan

2. Tajam dalan melihat peluang bisnis.

3. Bisa menjadi agen perubahan di BUMN yang dipimpin.

4. Dapat mengambil keputusan yang selaras dengan tujuan strategis organisasi.

5. Berani melakukan investasi di jangka panjang untuk kelangsungan perusahaan.

Lebih lanjut, Rini menjelaskan kemitraan strategis dengan para pemangku dilakukan untuk mencapai dan meningkatkan hasil yang optimal dan mampu meningkatkan nilai tambah bagi para pemangku kepentingan.

Dalam hal ketajaman bisnis, menurutnya, pemimpin BUMN harus memiliki kemampuan dalam memanfaatkan peluang untuk mendapatkan keuntungan dan mengembangkan kegiatan bisnis perusahaan.

Sementara itu, sebagai agen perubahan, pemimpin BUMN harus bisa membawa perubahan signifikan pada pertumbuhan organisasi yang berkelanjutan.

Pemimpin juga merupakan pengambil keputusan dalam sebuah organisasi perusahaan, oleh karena itu keputusan yang diambil harus berdasarkan evaluasi dan pertimbangan berbagai aspek serta pemantauan pelaksanaan yang selaras dengan tujuan strategis organisasi.

Tak lupa, seorang leader di BUMN juga harus bisa melakukan investasi di jangka panjang. Dalam hal ini pemimpin di BUMN harus berani melakukan investasi dalam jangka panjang supaya BUMN yang dipimpin dapat berkelanjutan untuk jangka waktu 100 tahun ke depan.

“Ini yang selalu saya tekankan kepada seluruh pemimpin, baik para Direktur Utama mapun Direksi-direksi di BUMN.Dalam pelaksanaannya, BUMN tidak hanya saja mencetak laba atau keuntungan tetapi juga memiliki tanggung jawab baik di dalam maupun di luar perusahaan untuk mendorong peningkatan kesejahteraan masyarakat,” kata Rini.

Rini juga menambahkan, terdapat tantangan-tantangan yang dihadapi bangsa Indonesia untuk menjadi negara maju dimana salah satu hal yang paling utama adalah peningkatan produktivitas dan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM).

BUMN telah mengambil peran dalam program-program seperti Program Magang Mahasiswa Bersertifikat dan program-program vokasi untuk mahasiswa di seluruh Indonesia sebagai wujud nyata dukungan BUMN dalam pengembangan SDM Indonesia.

“Saya bangga Direksi-direksi BUMN sekarang sudah bisa saling sinergi atau tidak sendiri-sendiri, ini sebuah transformasi yang terus menerus kita lakukan dan terus saya dorong. Saya percaya bahwa pemimpin-pemimpin di BUMN ke depannya layak untuk menjadi pemimpin bangsa,” tegas Rini.

Dalam acara ini hadir pula jajaran Deputi Kementerian BUMN, pimpinan dari perusahaan-perusahaan BUMN dan swasta, duta besar dari negara-negara sahabat dan ketua lembaga-lembaga tinggi negara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Fajar Sidik

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper