Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sosialisasikan GNNT, BNI Ajak Pengemudi AKAP Bertransaksi Cashless

Sosialisasikan GNNT, BNI Ajak Pengemudi AKAP Bertransaksi Cashless
Sosialisasikan GNNT, BNI Ajak Pengemudi AKAP Bertransaksi Cashless
Sosialisasikan GNNT, BNI Ajak Pengemudi AKAP Bertransaksi Cashless

Bisnis.com, JAKARTA --- PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI dan Kementerian Perhubungan RI bekerja sama dalam mengembangkan sistem e-LogBook Pengemudi Angkutan Kota dan Antar Provinsi (AKAP). BNI berkontribusi dengan menjadi bank pertama yang menerbitkan Kartu e-LogBook yang memiliki fungsi sebagai Kartu identitas dan database pengemudi berbasis QR Code dan fungsi finasial (BNI TapCash dan BNI Debit Virtual Account).

Kartu e- Log Book didesain dengan teknologi yang modern sehingga dapat ditransaksikan melalui jaringan ATM dan mesin EDC (Electronic Data Capture). Dengan adanya fungsi finansial dari kartu tersebut diharapkan dapat menanamkan kebiasaan bertransaksi secara cashless bagi para pengemudi AKAP.

Selain fungsi finansial kartu ini juga akan akan terkoneksi dengan database yang menyimpan identitas serta merekam mobilitas pengemudi, sehingga untuk mengetahui identitas maupun aktivitas pengemudi hanya cukup dengan melakukan scan QR Code pada kartu E-LogBook Pengemudi dimaksud.

Kartu e-LogBook secara resmi diumumkan pada Acara Malam Apresiasi Penyelenggaraan Angkutan Lebaran Tahun 2018/1439 Hijriah yang diselenggarakan pada Jumat, 6 Juli 2018. Hadir pada acara tersebut Menteri Perhubungan RI Bapak Budi Karya Sumadi, Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan RI Budi Setiyadi, Direktur Hubungan Kelembagaan BNI Susi Adi Sulistyowati serta segenap jajaran dan mitra Kementerian Perhubungan RI.

Melalui acara tersebut Kementerian Perhubungan RI memberikan penghargaan bagi para mitra yang terlibat dalam penyelenggaraan mudik bareng yang telah diselenggarakan Kementerian Perhubungan RI tahun 2018.

Susi Adi Sulistyowati menuturkan, BNI mendukung penuh langkah Kementerian Perhubungan RI dalam memberikan layanan transportasi yang lebih aman dan nyaman bagi masyarakat. Salah satu bentuk dukungan BNI adalah dengan menambahkan fungsi finansial pada Kartu e-LogBook sehingga akan memudahkan para pengemudi untuk memenuhi kebutuhan saat bertransaksi perbankan.

Beberapa manfaat yang ditawarkan antara lain, Kartu e- Log Book ini dapat digunakan antara lain untuk pembayaran di berbagai ruas jalan tol di Jabodetabek dan Non-Jabodetabek dan pembelian BBM pada beberapa Pompa Bensin. Selain itu, kartu ini dilengkapi dengan BNI Debit Virtual Account memberikan kemudahan yang sama dengan Kartu Debit BNI namun tidak mengharuskan pemegangnya membuka rekening baru.

Logo Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) melengkapi fitur dari Kartu Multi Fungsi e-LogBook sehingga dapat diterima di semua mesin EDC (Electronic Data Capture) serta tarif transfer antar ATM menjadi lebih murah. Pada kartu tersebut juga bisa dipeluas manfaatnya dengan ditambahkan manfaat asuransi yang didukung oleh BNI Life.

“Dengan demikian, Kartu Multi Fungsi e-LogBook memiliki fungsi finansial dan juga fungsi non-finansial yang keduanya sama-sama diharapkan dapat mengoptimalkan layanan bagi masyarakat luas khususnya para pengemudi AKAP, selain itu, tentunya BNI juga mendukung Gerakan Nasional Non Tunai atau GNNT yang digelorakan oleh OJK dan Bank Indonesia” ujar Susi.

Sebagai bank milik negara yang baru saja berulang tahun yang ke-72, BNI dan Kementerian Perhubungan RI menyerahkan bantuan CSR (Corporate Social Responsibility) kepada keluarga korban petugas jalan tol yang mengalami kecelakaan pada saat bertugas untuk membantu kelancaran pemudik.

Masih dalam rangka HUT ke-72, pada kesempatan yang sama BNI juga memberikan apresiasi kepada 72 operator angkutan atau 7200 pengemudi pertama yang mendaftarkan diri untuk memiliki e-LogBook diberikan jaminan asuransi jiwa dan kecelakaan cacat tetap pengemudi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper