Presiden: Jaga Momentum Pencapaian Kinerja APBN

Presiden Joko Widodo meminta jajarannya untuk menjaga momentum pencapaian kinerja APBN 2018 yang dinilainya baik pada semester I/2018 supaya terus meningkat pada semester II/2018.
Yodie Hardiyan | 09 Juli 2018 16:17 WIB
Presiden Joko Widodo (kiri) didampingi Wakil Presiden Jusuf Kalla saat memimpin Sidang Kabinet Paripurna di Istana Negara Jakarta, Rabu (16/5/2018). - ANTARA/Wahyu Putro A

Bisnis.com, BOGOR - Presiden Joko Widodo meminta jajarannya untuk menjaga momentum pencapaian kinerja APBN 2018 yang dinilainya baik pada semester I/2018 supaya terus meningkat pada semester II/2018.

Pernyataan itu disampaikan Presiden saat memberikan kata pengantar dalam rapat terbatas membahas realisasi dan prognosis pelaksanaan APBN tahun anggaran 2018 di Istana Bogor, Jawa Barat, Senin (9/7/2018). Ratas dihadiri sejumlah menteri Kabinet Kerja dan kepala lembaga negara.

"Saya minta momentum pencapaian semester I APBN 2018 terus dijaga, ditingkatkan pada semester II ini karena tantangan yang kita hadapi juga tidak ringan terutama terkait ketidakpastian ekonomi global," kata Presiden.

Kepala Negara meminta kementerian dan lembaga fokus dan segera menyelesaikan program yang telah direncanakan. Di samping itu, Presiden meminta supaya pelaksanaan program dan proyek strategis dipastikan segera dieksekusi tepat waktu, tepat sasaran dan tetap menjaga tata kelola supaya dampaknya segera dirasakan masyarakat.

"Transfer ke daerah dan dana desa harus segera dicairkan dan meminimalisir adanya pengendapan anggaran pemerintah di perbankan," kata Presiden.

Presiden juga meminta jajarannya supaya tetap mengambil langkah efisiensi seperti penghematan belanja perjalanan dinas, rapat dan paket pertemuan (meeting), belanja alat tulis kantor dan belanja-belanja yang tidak produktif lainnya.

"Perbaiki pola penyerapan anggaran sehingga tidak menumpuk di akhir tahun dengan tetap menjaga kualitas output yang ada," kata Presiden.

Tag : Presiden Joko Widodo
Editor : Saeno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top