SMI Catatkan Green Bond Pertama di Indonesia

PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero) menjadi perusahaan pertama di Indonesia yang menerbitkan oligasi berwawasan lingkungan atau Green Bond.
Tegar Arief | 10 Juli 2018 10:24 WIB
Direktur Utama PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero) Emma Sri Martini (kedua dari kiri) bersama jajaran direksi saat menggelar jumpa pers mengenai Green Bond di Bursa Efek Indonesia (BEI), Selasa (10/7/2018)./Bisnis - Tegar Arief

Bisnis.com, JAKARTA - PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero) menjadi perusahaan pertama di Indonesia yang menerbitkan oligasi berwawasan lingkungan atau Green Bond.

Penerbitan Green Bond PT SMI ini merupakan bagian dari Penawaran Umum Berkelanjutan (PUB) Green Bond senilai Rp3 triliun dengan nilai emisi sebesar Rp500 miliar pada Tahap I Tahun 2018 ini.

Dalam menjalankan perannya, PT SMI memiliki komitmen kuat terhadap pembangunan berkelanjutan melalui penyediaan fasilitas pembiayaan kepada beragam proyek infrastruktur berwawasan lingkungan di Indonesia.

Komitmen PT SMI ini sejalan dengan komitmen pemerintah Indonesia dalam merealisasikan komitmen Paris Agreement yang bertujuan untuk melindungi dan mempertahankan ekosistem serta kualitas lingkungan.

“Kami berkomitmen kuat dalam mendukung pencapaian SDG dan menaruh perhatian khusus terhadap perubahan iklim. Salah satu tindakan konkret kami adalah dengan menerbitkan obligasi berwawasan lingkungan atau Green Bond," kata Direktur Utama PT SMI, Emma Sri Martini di Bursa Efek Indonesia Selasa (10/7/2018).

Terkait dengan hal ini, Center for International Climate Research-Oslo (“CICERO”) yang merupakan ahli lingkungan terkemuka di dunia telah memberikan opini “Medium Green” kepada PT SMI. Melalui Green Bond, PT SMI beserta investor mendukung terwujudnya keberlangsungan pembangunan di muka bumi dan PT SMI akan mengalokasikan hasil penerbitan Green Bond untuk membiayai beragam sektor.

Di antaranya sektor energi terbarukan, transportasi ramah lingkungan, dan pengelolaan air bersih. PT SMI juga memiliki upaya lainnya dalam mendukung SDG melalui program mitigasi dan adaptasi perubahan iklim dengan membentuk divisi khusus.

Tag : smi, sarana multi infrastruktur
Editor : Riendy Astria

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top