Indonesia Development Forum 2018 Diharapkan Hasilkan Solusi Ketimpangan Ekonomi

Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) menyelenggarakan Indonesia Development Forum (IDF) 2018 dengan tema mengatasi kesenjangan di seluruh Nusantara.
Rinaldi Mohammad Azka | 10 Juli 2018 10:49 WIB
Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas Bambang Brojonegoro (kedua kanan) bersama Duta Besar Australia untuk Indonesia Gary Quinlan (kedua kiri) saat konferensi pers Indonesia Development Forum 2018 di Hotel Ritz-Carlton, Jakarta, Selasa (10/7). - Bisnis/Rinaldi Mohammad Azka

Bisnis.com, JAKARTA -- Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) menyelenggarakan Indonesia Development Forum (IDF) 2018 dengan tema mengatasi kesenjangan di seluruh Nusantara.

Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brojonegoro mengungkapkan IDF kali ini merupakan yang kedua setelah pelaksanaannya tahun lalu.

"Tahun ini, IDF membahas terobosan menghadapi kesenjangan antar wilayah. Ini sejalan dengann Nawacita dan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024 serta mendukung agenda pembangunan Indonesia, khususnya Nawacita 3, yakni membangun Indonesia dari pinggiran," paparnya saat memberikan sambutan dalam IDF 2018 di Hotel Ritz Carlton, Jakarta, Selasa (10/7/2018).

Menurut Bambang, pertumbuhan ekonomi di Indonesia yang tidak merata menjadi penyebab terjadinya kesenjangan. Perekonomian terfokus di Pulau Jawa sehingga terjadi ketimpangan dengan daerah lain.

Dia menjelaskan agenda IDF kali ini memiliki tujuh subtema yang hasil diskusinya akan menjadi masukan bagi RPJMN 2020-2024 dan penyusunan kebijakan untuk mengatasi kesenjangan. IDF 2-18 juga merupakan hasil kolaborasi dengan Kedutaan Besar Australia.

"Kami butuh gagasan dan solusi cerdas berbasis bukti demi indonesia sejahtera," imbuh Bambang.

Dalam pembukaan IDF 2018, Wakil Presiden Jusuf Kalla mengungkapkan pentingnya terobosan mengatasi ketimpangan antar daerah.

"Ini cara yang penting menerobos ketimpangan antar daerah karena negara dengan penduduk ratusan juta jiwa dan dihadapkan ratusan pulau memerlukan perlakuan berbeda," tuturnya.

JK juga mengingatkan ketimpangan lah yang menyebabkan terjadinya pemberontakan di berbagai daerah pada masa lalu. Sehingga penyelesaiannya menjadi sangat penting guna menjaga keutuhan NKRI.

Tag : bappenas, ketimpangan ekonomi
Editor : Annisa Margrit

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top