SMF Luncurkan Unit Usaha Syariah Akhir Bulan Ini

PT Sarana Multigriya Finansial (Persero) akan meluncurkan Unit Usaha Syariah dalam waktu dekat.
Reni Lestari | 13 Juli 2018 15:59 WIB
Logo PT Sarana Multigriya Finansial (Persero). - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA -- PT Sarana Multigriya Finansial (Persero) akan meluncurkan Unit Usaha Syariah dalam waktu dekat.

Direktur Sarana Multigriya Finansial (SMF) Heliantopo mengatakan proses persiapan sistem dan operasionalnya sudah memasuki tahap akhir.

"Prosesnya tinggal proses akhir, mudah-mudahan kami bisa luncurkan dalam bulan ini, pada akhir bulan," ujarnya di Griya SMF, Jakarta Selatan, Jumat (13/7/2018).

Heliantopo melanjutkan sebenarnya selama ini SMF sudah melakukan penyaluran pembiayaan kepada bank atau penyalur KPR syariah. Namun, Unit Usaha Syariah (UUS) dibentuk agar penyaluran pembiayaan secara syariah tersebut bisa lebih fokus.

Hingga Juni 2018, pembiayaan syariah yang dikeluarkan SMF tercatat mencapai Rp2,01 triliun. Jumlah tersebut meningkat signifikan jika dibandingkan periode yang sama tahun lalu, yang besarnya hanya Rp700 miliar.

Selain itu, dia menerangkan Majelis Ulama Indonesia (MUI) juga baru saja mengeluarkan fatwa mengenai sekuritisasi syariah, di mana sekuritisasi merupakan salah satu lini bisnis SMF. Ke depan, hadirnya fatwa tersebut diharapkan memberi solusi pembiayaan syariah secara end-to-end.

"[Fatwa sekuritisasi syariah] Itu salah satu hal yang positif yang tentunya akan banyak mendukung untuk kegiatan syariah," ucap Heliantopo.

Tag : smf
Editor : Annisa Margrit

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top