Dana Desa, Pemerintah Fokus 4 Hal Berikut

Pemerintah memastikan akan fokus pada empat hal terkait menjaga keberlanjutaan pelaksanaan program transfer ke daerah dan desa atau TKDD.
Ipak Ayu H Nurcaya | 17 Juli 2018 11:42 WIB
Penyerahan bantuan Pembangunan Desa Wisata Tomok Parsaoran dan pembentukan kelompok Sadar Wisata di Kompleks Pertunjukan Sigale-gale di kawasan Danau Toba, Samosir, Senin 13 November 2017. - JIBI / Yoseph Pencawan

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah memastikan akan fokus pada empat hal terkait menjaga keberlanjutaan pelaksanaan program transfer ke daerah dan desa atau TKDD.

Pertama, mengarahkan dana bagi hasil dan alokasi umum untuk belanja infrastruktur daerah yang langsung terkait dengan percepatan pembangunan ekonomi dan fasilitas pelayanan publik.

Kedua, Memperbaiki mekanisme penganggaran dan pelaksanaan TKDD.

Ketiga, meningkatkan akurasi sasaran penerima manfaat TKDD.

Keempat, menyempurnakan pengalokasian TKDD melalui proses transformasi sistem alokasi berbasis kriteria yang lebih baik dan transparan serta penyaluran berbasis kinerja pelaksanaan penganggaran.

Menteri Keungan Sri Mulyani Indrawati mengatakan pemerintah akan terus meningkatkan alokasi anggaran. Hal itu akan dilakukan dengan memastikan prioritas penganggaran dan penggunaan serta mendukung desentralisasi fiskal yang efektif.

"TKDD akan terus dilanjutkan dan ditingkatkan sebagai upaya pembagunan daerah dan desa serta penambahan aset," katanya dalam pidota tanggapan fraksi atas kinerja APBN-P 2017, Selasa (17/7/2018).

Dana Desa diproyeksi akan meningkat sebesar Rp75 triliun pada tahun depan setelah dua tahun ini dikucurkan sebesar Rp60 triliun.

Tag : dana desa
Editor : Nancy Junita

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top