SMF Siapkan EBA-SP Untuk Investor Ritel

Efek Beragun Aset Surat Partisipasi (EBA-SP) kini mulai menyasar pasar ritel. PT Sarana Multigriya Finansial (Persero) akan memasarkan EBA-SP untuk konsumen ritel mulai bulan depan.
Tegar Arief | 20 Juli 2018 15:25 WIB
Kantor PT Sarana Multigriya Finansial (Persero). - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA -- Efek Beragun Aset Surat Partisipasi (EBA-SP) kini mulai menyasar pasar ritel. PT Sarana Multigriya Finansial (Persero) akan memasarkan EBA-SP untuk konsumen ritel mulai bulan depan.

Direktur Sarana Multigriya Finansial (SMF) Trisnadi Yulrisman mengatakan alasan perseroan memasarkan produk ini adalah ingin menambah variasi produk instrumen investasi untuk investor individual.

"Selama ini, investasi dalam bentuk surat utang hanya bisa diakses oleh investor institusi. Timing kami dalam memasarkan ini juga sangat tepat," ujarnya di Jakarta, Jumat (20/7/2018).

Menurut Trisnadi, sekarang merupakan momentum yang tepat bagi investor ritel untuk membeli EBA-SP, mengingat tingginya volatilitas di pasar saham dalam beberapa pekan terakhir.

Sejauh ini, perusahaan pelat merah itu telah memiliki lima seri EBA. Nantinya, akan dipilih satu atau beberapa seri dari kelima EBA-SP itu untuk dipasarkan di investor ritel.

Dana yang harus dikeluarkan investor untuk membeli surat utang ini tidak terlalu besar, yakni cukup Rp100.000. Sementara itu, tenor yang ditetapkan akan mengikuti produk yang sudah ada.

"Misalnya, seri yang dipasarkan kepada ritel adalah produk yang diluncurkan pada 2015. Produk itu tenornya 5 tahun. Sekarang sudah 2018, maka sisa tenornya 2 tahun. Nah, sisa tenor itu yang akan dipakai," jelasnya.

Kelima EBA-SP yang telah diterbitkan perseroan menggunakan underlying KPR dari bank dengan kategori prime mortgage.

Tag : smf
Editor : Annisa Margrit

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top