Bappenas : Asian Games Berdampak pada Pertumbuhan Ekonomi RI

Kementerian PPN/Bappenas menilai pelaksanaan Asian Games 2018 berdampak terhadap perekonomian Indonesia secara langsung maupun tidak langsung.
Rinaldi Mohammad Azka
Rinaldi Mohammad Azka - Bisnis.com 29 Juli 2018  |  20:13 WIB
Bappenas : Asian Games Berdampak pada Pertumbuhan Ekonomi RI
Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang P.S Brodjonegoro - ANTARA/Nyoman Budhiana

Bisnis.com, JAKARTA -– Kementerian PPN/Bappenas menilai pelaksanaan Asian Games 2018 berdampak terhadap perekonomian Indonesia secara langsung maupun tidak langsung.

Sementara dampak pembangunan infrastrukturnya dapat menjadi motor pertumbuhan ekonomi jangka panjang.

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Bambang P.S Brodjonegoro menegaskan penyelenggaraan Asian Games 2018 berdampak langsung pada perekonomian.

Menurutnya dampak itu didapatkan melalui investasi pemerintah untuk pembangunan infrastruktur pendukung dan sarana olahraga, operasional persiapan dan penyelenggaraan Asian Games 2018 pada 2015-2018, dan pengeluaran wisatawan mancanegara dan nusantara.

“Ada pula dampak second round effect yang terjadi karena adanya efek pengganda terhadap perekonomian sehingga dapat menyebabkan penciptaan lapangan kerja, pertumbuhan ekonomi, dan penambahan pendapatan masyarakat," ujar Menteri Bambang dalam Forum Merdeka Barat 9 bertema “Memaksimalkan Dampak Asian Games 2018 untuk Indonesia” di Gedung Saleh Afiff, Bappenas, Jakarta, Minggu (29/7) siang.

Menurutnya, total dampak dari Asian Games 2018 berkontribusi langsung terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) negara dan pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Sebagai tuan rumah Asian Games 2018 yang berlangsung di Jakarta dan Palembang pada 18 Agustus--2 September 2018 mendatang, Indonesia bersiap untuk menampilkan yang terbaik dan memastikan 40 cabang olahraga yang di pertandingkan berjalan dengan lancar.

Secara statistik, sebanyak 45 negara peserta Asian Games 2018 mengirimkan 11.429 atlet dan 5.000 officials yang akan bersaing dalam 462 pertandingan olah raga dengan prediksi 2 juta penonton dan 200 ribu orang di antaranya berasal dari mancanegara.

Selain itu, terdapat 11.567 sukarelawan dan sekitar 7.000 media, baik lokal maupun internasional, juga berpartisipasi dalam perhelatan olahraga tersebut.

Bambang melanjutkan dengan berlangsungnya Asian Games 2018, Indonesia mendapat nilai tambah sarana dan prasarana seperti pembenahan infrastruktur umum, fasilitas olahraga baru, dan pembenahan serta penataan kota.

Nilai ekonomi seperti peningkatan pariwisata, peningkatan kesempatan kerja, peningkatan kesempatan usaha, promosi kota penyelenggaraan, dan penciptaan nilai tambah ekonomi juga diraih negara.

Selain itu, ada pula potensi non ekonomi, yakni semangat kebersamaan, kerjasama antarwilayah dan negara, mengembangkan ide-ide baru, mengembangkan nilai-nilai budaya positif, serta mendidik nilai sportivitas bagi masyarakat.

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
bappenas, Asian Games 2018

Editor : Rustam Agus

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top
Tutup