Pemerintah Lakukan 3 Hal Ini Maksimalkan Dampak Ekonomi Asian Games

Pemerintah menyiapkan sejumlah langkah guna memaksimalkan dampak ekonomi kegiatann Asian Games 2018.
Rinaldi Mohammad Azka | 29 Juli 2018 20:40 WIB
Taman Menteng di Jakarta Pusat dihias pernak-pernik Asian Games 2018 oleh Pemprov DKI Jakarta. - JIBI/ M Ridwan

Bisnis.com, JAKARTA -- Pemerintah menyiapkan sejumlah langkah guna memaksimalkan dampak ekonomi kegiatann Asian Games 2018.

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/ Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) mengungkapkan guna memaksimalkan dampak ekonomi Asian Games 2018, Indonesia membidik tiga strategi utama.

Pertama, menggaungkan promosi menonton langsung Asian Games 2018 dengan peningkatan kemudahan akses ke tempat pertandingan untuk penonton lokal, penyelenggaraan acara yang atraktif di lokasi pertandingan sehingga menarik minat penonton lokal menonton langsung.

Selain itu, upaya yang dilakukan dengan menghidupkan euforia Asian Games 2018 di dalam negeri seperti mengenalkan profil kota penyelenggara, lokasi pertandingan, atlet yang mewakili Indonesia.

"Kedua, memaksimalkan peluang pariwisata dari Asian Games 2018 dengan membuat travel guide bagi wisatawan mancanegara yang berisi pengenalan budaya Indonesia, panduan mengunjungi Asian Games, things to do di Indonesia, opsi wisata, daftar akomodasi, tempat makan, dan pusat belanja, serta event pariwisata terkait Asian Games," ungkapnya Minggu (29/7/2018).

Ketiga, secara jangka panjang, rekomendasi kebijakan untuk memaksimalkan manfaat jangka panjang Asian Games 2018 di antaranya pengolaan venue pasca Asian Games dilakukan secara profesional.

Sementara, peningkatan aktivitas/event olahraga sebagai bagian grand design peningkatan prestasi olahraga Indonesia dilakukan, peningkatan awareness masyarakat untuk melakukan aktivitas olahraga, juga memanfaatan venue olahraga untuk aktivitas lain di luar olahraga MICE (Meeting, Incentives, Conferences, & Exhibition).

“Langkah selanjutnya Bappenas akan melakukan pendalaman dan penyempurnaan analisis dampak ekonomi pelaksanaan melalui survei yang dilaksanakan selama Asian Games 2018 berlangsung, dan juga akan memanfaatkan big data dengan menggunakan mobile positioning data sehingga data yang diperoleh lebih komprehensif,” paparnya.

Tag : Asian Games 2018
Editor : Rustam Agus

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top