Kemenkeu Tuan Rumah Pertemuan Regulator Akuntan Publik se-Asean

Kementerian Keuangan melalui Pusat Pembinaan Profesi Keuangan (PPPK) Sekretariat Jenderal menjadi tuan rumah 2018 Asean Audit Regulators Group (AARG) Inspection Workshop & The 8th AARG Meeting With The Audit Firms.
Edi Suwiknyo | 31 Juli 2018 22:26 WIB
PricewaterhouseCoopers LLP termasuk yang akan menghadiri 2018 Asean Audit Regulators Group (AARG) Inspection Workshop & The 8th AARG Meeting With The Audit Firms di Indonesia. - Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA – Kementerian Keuangan melalui Pusat Pembinaan Profesi Keuangan (PPPK) Sekretariat Jenderal menjadi tuan rumah “2018 Asean Audit Regulators Group (AARG) Inspection Workshop & The 8th AARG Meeting With The Audit Firms”.

Dalam keterangan resminya, acara yang dilaksanakan pada 31 Juli hingga 2 Agustus 2018 di Jakarta ini dihadiri 12 perwakilan regulator akuntan publik regional Asia Tenggara.

Perwakilan organisasi internasional yang turut hadir yaitu The International Forum of Independent Audit Regulators; The International Ethics Standards Board for Accountants; dan The International Auditing and Assurance Standards Board.

Selain itu, perwakilan global leader dan Asean national leader Kantor Akuntan Publik (KAP) Big Four (PriceWaterhouseCooper, KPMG, Ernst & Young, dan Deloitte) akan hadir pada one-on-one meeting.

Acara ini diinisiasi oleh anggota AARG yaitu Indonesia, Singapura, Malaysia, dan Thailand. Tema yang diangkat pada acara ini adalah sinergi antara regulator akuntan publik bersama KAP Big Four dalam meningkatkan kualitas audit di era disruptive technology.

Dua agenda utama pada acara AARG tahun 2018 meliputi Inspection Workshop dan one-on-one meeting dengan perwakilan KAP Big Four.

Inspection Workshop bertujuan meningkatkan kolaborasi antara anggota AARG dengan regulator negara-negara lainnya untuk meningkatkan kualitas audit dengan mendorong sistem pengawasan yang efektif.

Pada acara ini, 12 perwakilan negara akan melakukan knowlegde sharing and experiences sebagai upaya untuk menjaga dan meningkatkan kualitas audit.

Selain itu, beberapa pakar terkait dengan penilaian, standar, dan kode etik profesi akan turut memperkaya dan memutakhirkan pengetahuan peserta.

Manfaat yang diperoleh dari kegiatan AARG Inspection Workshop ini adalah dapat meningkatkan fungsi pengawasan terhadap tercapainya kualitas audit oleh akuntan publik/kantor akuntan publik.

Kualitas audit dapat meningkatkan kualitas laporan keuangan, sehingga laporan keuangan yang digunakan pengambil keputusan baik pemerintah maupun masyarakat luas dapat lebih kredibel.

Sedangkan manfaat AARG meeting dengan Big Firms adalah dengan adanya dialog antara regulator dengan Big Firms dapat mendorong Big Firms selalu menjaga kualitas auditnya. Jika audit berkualitas, maka semua laporan keuangan yang diaudit oleh KAP dapat lebih diyakini untuk pengambilan keputusan.

Pada one-on-one meeting, regulator anggota AARG akan berdiskusi dengan para pemimpin KAP Big Four. Melalui pertemuan ini, anggota AARG bermaksud lebih memahami, menggali, dan memastikan sistem kualitas audit KAP Big Four.

Diskusi ini juga bertujuan mengantisipasi dampak inovasi dan teknologi terhadap kualitas audit. Isu penggunaan cryptocurrency juga akan menjadi bahasan pada pertemuan ini.

Bagi regulator, hasil pelaksanaan AARG ini diharapkan dapat menghasilkan ide perbaikan terus-menerus atas sistem pengaturan, pembinaan, dan pengawasan di negara masing-masing melalu benchmarking yang efektif.

Sementara, bagi KAP Big Four, AARG meeting menjadi sarana berdialog dan bertukar pikiran, baik di internal jaringan KAP maupun dengan regulator. Keterbukaan KAP Big Four dan regulator akan mendorong terciptanya kualitas audit yang bermanfaat bagi semua stakeholder, terutama pengguna jasa akuntan publik.

Tag : akuntan publik
Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top