Efek Jokowi Pilih Ma’ruf Amin terhadap Ekonomi Indonesia

Ekonom menilai dengan terjawabnya teka-teki bakal calon presiden dan wakil presiden, maka ada kepastian politik yang dapat membuat pemerintah berjalan fokus membenahi perekonomian.
Rinaldi Mohammad Azka | 10 Agustus 2018 19:28 WIB
Calon presiden petahana Joko Widodo (kedua kiri) bergandengan tangan dengan calon wakil presiden Ma'ruf Amin (ketiga kanan) usai menyampaikan pidato politik di Gedung Joang 45, Jakarta, Jumat (10/8/2018). - ANTARA/Puspa Perwitasari

Bisnis.com, JAKARTA - Ekonom menilai dengan terjawabnya teka-teki bakal calon presiden dan wakil presiden, maka ada kepastian politik yang dapat membuat pemerintah berjalan fokus membenahi perekonomian.

Ekonom dari Universitas Gadjah Mada (UGM), Tony Prasentiantono, menuturkan sudah membayangkan isu terbesar Presiden Joko Widodo (Jokowi), yakni politik identitas, sehingga ini yang dicoba dijawab oleh petahana dengan memilih wakil dari kalangan ulama.

"Sejak awal saya sudah membayangkan isu terbesar Presiden Jokowi adalah mengelola masalah politik identitas. Hal ini belum dikelola Wapres JK dengan baik," ungkapnya kepada Bisnis, Jumat (10/8/2018).

Oleh sebab itu, menurut Tony, Jokowi sangat berkepentingan mengedepankan sosok yang memiliki kapasitas pengetahuan dan kemampuan menjelaskannya ke publik. Hal tersebut dimiliki Mahfud MD dan Ma’ruf Amin.

 "Jadi jika Pak Jokowi memilih salah satu dari keduanya, itu sudah akan memberi jaminan stabilitas sosial-politik yang akan berdampak positif bagi perekonomian," paparnya.

Pada sisa waktupemerintahannya, Jokowi dan Kabinet Kerja bisa lebih fokus bekerja membenahi perekonomian, karena bakal calon wakil presiden ini akan fokus meredam kegaduhan yang disebabkan isu politik identitas.

Tag : Pilpres 2019, ekonomi indonesia
Editor : Nancy Junita

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top