Pemerintah Proyeksikan Pertumbuhan Ekonomi Terbaik Hingga 2045 Sekitar 5,7%

Pemerintah memproyeksikan pertumbuhan ekonomi terbaik yang akan dicapai Indonesia dalam kurun waktu saat ini hingga 2045 adalah sekitar 5,7%
Lingga Sukatma Wiangga | 24 Agustus 2018 15:39 WIB
Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional Bambang Brodjonegoro memberikan sambutan saat menghadiri Dialog Kebangsaan di Jakarta, Selasa (5/9). - JIBI/Dwi Prasetya

Bisnis.com, JAKARTA—Pemerintah memproyeksikan pertumbuhan ekonomi terbaik yang akan dicapai Indonesia dalam kurun waktu saat ini hingga 2045 adalah sekitar 5,7%.

Hal itu diungkapkan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional atau Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro sesaat setelah peluncuran buku Proyeksi Antar Sensus Penduduk 2015-2045 di Istana Wakil Presiden RI, Jumat (24/8).

“Kalau kami melihat sampai 2045 itu perkiraan tahunan, rata-rata per tahun dalam waktu sepanjang itu yang terbaik adalah 5,7%. Itu perkiraan terbaik. Tapi perkjiraan base line kami 5,1%. Dengan 51%-5,7% tadi perkiraaannya sekitar tahun 2040 kita sudah masuk ke negara yang berpendapatan tinggi. High income,” katanya.

Artinya, kata dia, pada 2040 pendapatan penduduk Indonesia mencapai sekitar US$15.000 per kapita per tahun. Dengan asumsi tersebut, pemerintah berharap jumlah masyarakat miskin di Indonesia sudah mendekati 0%.

“Artinya sekitar 1%. Itu ciri negara maju adalah jumlah kemiskinannya hampir 0%, 0% hampir tidak mungkin tapi mendekati 0%,” tuturnya.

Agar hal itu tercapai, Indonesia harus bisa memanfaatkan bonus demografi. Sebabnya, jika Indonesia dapat memanfaatkan bonus demografi dengan optimal akan mengalami lompatan dalam pertumbuhan ekonomi.

Dalam konteks bonus demografi, Bambang mencermati dua hal yang akan berperan memberikan hasil di sektor perekonomian yaitu modal dan pekerja. Khususnya terkait pekerja, pemerintah menekankan produktifitas untuk mendongkrak pertumbuhan.

“Produktifitas naik, inilah yang membuat pertumbuhan ekonomi akan menjadi lebih berkelanjutan dan lebih tinggi. Kalau saya bikin dalam satu kalimat saja, apa sih resep suatu negara bisa menjadi negara maju adalah negara yang berhasil memanfaatkan bonus demografi. Itu contoh yang paling nyata adalah Jepang dan belakangan Korea [Selatan]. China juga dalam tahap ini,” imbuhnya.

Mengutip data yang dirilis BPS dan Bappenas dalam buku Proyeksi Antar Sensus Penduduk 2015-2045, jumlah penduduk Indonesia pada 2040 mencapai 312,5 juta jiwa dengan persentase usia 15-64 tahun sekitar 66,1%.

Adapun pada 2045 total penduduk di Indonesia sebanyak 318,9 juta jiwa dengan persentase usia 15-64 tahun sekitar 65,2%.

Tag : Pertumbuhan Ekonomi
Editor : Martin Sihombing

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top