Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kawasan Konservasi dan Ekonomi Hijau: Pemerintah Terus Dorong Pembangunan Berkelanjutan

Pemerintah terus mendorong pembangunan berkelanjutan dengan memperhatikan kawasan konservasi seperti Kawasan Jantung Kalimantan dan mewujudkan ekonomi hijau atau green economy dengan mendorong koridor ekosistem RIMBA.
Menko Perekonomian Darmin Nasution menyampaikan paparan dalam acara Digital Economic Briefing, di Jakarta, Kamis (16/11)./JIBI-Felix Jody Kinarwan
Menko Perekonomian Darmin Nasution menyampaikan paparan dalam acara Digital Economic Briefing, di Jakarta, Kamis (16/11)./JIBI-Felix Jody Kinarwan

Bisnis.com, JAKARTA -- Pemerintah terus mendorong pembangunan berkelanjutan dengan memperhatikan kawasan konservasi seperti Kawasan Jantung Kalimantan dan mewujudkan ekonomi hijau atau green economy dengan mendorong koridor ekosistem RIMBA.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution mengungkapkan konservasi alam bukan hanya untuk melestarikan lingkungan hidup, melainkan juga untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di sekitar kawasan konservasi. 

“Tiga pilar konservasi yaitu perlindungan sistem penyangga kehidupan, pengawetan keanekaragaman hayati beserta ekosistemnya, serta pemanfaatan secara lestari sumber daya alam hayati beserta ekosistemnya,” ujarnya seperti dikutip dari keterangan pers dalam Peringatan HKAN 2018, Kamis (30/8/2018), di Bitung, Sulawesi Utara. 

Di tahun 2018 ini, Indonesia memperingati 10 tahun Hari Konservasi Alam Nasional (HKAN) yang jatuh setiap tanggal 10 Agustus.

Senada dengan Menko Darmin, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya Bakar menyatakan melestarikan alam sama artinya dengan menyelamatkan hidup kita sekarang dan kehidupan generasi yang akan datang. 

“Kehidupan kita kan tergantung pada alam, pada sumber daya yang dihasilkan oleh ekosistem alam. Karena itu, konservasi alam harus terus-menerus digaungkan agar semakin banyak yang peduli dan melakukannya,” papar Siti.  

Kemenko Bidang Perekonomian terus mendorong pembangunan berkelanjutan seperti di Kawasan Jantung Kalimantan (Heart of Borneo/HoB). Pengelolaan Kawasan Jantung Kalimantan ini merupakan inisiatif 3 negara yaitu Indonesia, Brunei Darussalam, dan Malaysia. 

Saat ini juga tengah disusun Rencana Tata Ruang Kawasan Jantung Kalimantan sebagai dasar arah penataan ruang untuk Kawasan HoB. Kawasan ini merupakan salah satu kawasan konservasi keanekaragaman hayati penting dunia. 

Selain itu, untuk mewujudkan Ekonomi Hijau, pemerintah mendorong Pengelolaan Koridor Ekosistem RIMBA (Riau, Jambi dan Sumatera Barat). Tujuannya untuk mengelola koridor satwa yang saat ini terancam keberadaanya oleh aktivitas pembangunan.

Kegiatan utama yang dilakukan antara lain melindungi ekosistem, meningkatkan dan memperbaiki ekosistem yang rusak, dan menggunakan Jasa Lingkungan dan Payment for Ecosystem Services (PES).

Di akhir sambutannya, Menko Perekonomian menyampaikan bahwa kawasan konservasi secara alami sudah memberikan peran besar dalam menunjang pembangunan masyarakat dan wilayah sekitar melalui fungsi-fungsi ekosistem yang berjalan di dalamnya.  

“Namun, sejalan dengan semangat pembangunan produktif saat ini, mari kita menambahkan nilai yang lebih tinggi lagi kepada kawasan konservasi melalui pengembangan pemanfaatannya yang bersifat lestari dan berkelanjutan,” terang Darmin. 

Menteri LHK juga mengajak semua pihak mengimplementasikan semangat konservasi alam di setiap segi kehidupan.

“Mari kita menjaga kesinambungan kegiatan konservasi alam dan memasyarakatkan konservasi alam secara nasional agar menjadi bagian dari sikap hidup dan budaya bangsa,” pungkas Siti Nurbaya. 

Bersama Menteri LHK, Menko Perekonomian turut mengikuti beberapa rangkaian acara di Taman Wisata Alam (TWA) Batu Putih Bitung ini.

Acara dimaksud antara lain:

  • Deklarasi less plastic
  • Penyerahan sertifikat penunjukan Asean Heritage Park kepada Taman Nasional Kepulauan Seribu dan Taman Nasional Wakatobi
  • Pemberian Apresiasi HKAN 2018
  • Pemberian Apresiasi Desa Binaan Konservasi Alam dan Kalpataru 2018
  • Pemberian nama Anoa “Deandra”, Penyerahan Miniatur Hiu Paus
  • Penyerahan foto Orangutan Tapanuliensis
  • Peninjauan pameran konservasi alam dan produk unggulan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Saeno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper