BNI Digitalkan Transaksi Asian Games 2018

Jakarta, 2 September 2018 --- Sebagai Official Prestige Digital Banking Partner Asian Games 2018, PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) telah mewarnai perhelatan olahraga terakbar di Asia ini dengan transaksi keuangan digital.

Jakarta, 2 September 2018 --- Sebagai Official Prestige Digital Banking Partner Asian Games 2018, PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) telah mewarnai perhelatan olahraga terakbar di Asia ini dengan transaksi keuangan digital.

BNI menyediakan berbagai fasilitas transaksi keuangan digital secara berlapis, sehingga apapun kebutuhan transaksinya, pengunjung venue-venue Asian Games 2018 akan terpuaskan.

Seluruh produk layanan inovatif yang disiapkan BNI dioptimalkan di kantung-kantung utama aktivitas kompetisi Asian Games, mulai dari uang elektronik Kartu BNI TapCash edisi khusus Asian Games, Kartu Debit edisi khusus Asian Games aplikasi pembayaran (dompet digital) yap!, virtual account BNI, mesin electronic data capture (EDC), payment gateway untuk transaksi pembelian tiket secara online, money changer, hingga mesin ATM.

Pembelian merchandise di Super Store, Booth BNI, atau venue lainnya dan berbagai tenant makanan di Gelora Bung Karno - Jakarta misalnya, menjadi lebih mudah dengan hadirnya produk-produk digital unggulan BNI tadi.

Berkat teknologi, publik diajak untuk melupakan uang tunai dan beralih ke sistem pembayaran elektronis yang tidak hanya cashless namun juga hingga cardless. BNI membawa warga dari beragam lapisan umur dan latar belakang ekonomi untuk tidak sekadar Cerdas Digital (Digital Savvy) melainkan juga Cerdas Keuangan (Financial Savvy).

Corporate Secretary BNI Kiryanto menyebutkan, aplikasi yap! mampu melayani lebih dari 1.500 merchant yang ada di venue-venue Asian Games 2018. Begitu juga mesin-mesin EDC dan ATM BNI tetap tangguh melayani ribuan transaksi. Mulai dari transaksi pembelian souvenir khas Asian Games 2018, makanan dan minuman, bahkan pembelian tiket ke arena kompetisi olahraga baik secara on line maupun di lokasi merchant.

"Begitu juga dengan uang elektronik BNI, yaitu Kartu TapCash yang dengan keunikannya setia menjadi alat bayar selama Asian Games. Kami siapkan 150.000 Kartu TapCash versi Asian Games untuk meramaikan event olahraga ini, dengan 10 desain cabang olahraga dan 6 desain maskot Asian Games 2018," tuturnya.

Aplikasi yap! telah menjadi sarana pembayaran untuk pemesanan tiket secara online. Jumlah downloader aplikasi yap! saat ini telah menjadi sekitar 310.000 dengan rata-rata nominal transaksi Rp 3 miliar per hari.

“Asian Games 2018 telah selesai digelar, namun kenangannya tetap diabadikan melalui produk BNI yaitu Kartu BNI TapCash dan Kartu Debit Edisi Khusus Asian Games 2018. Khusus Kartu BNI TapCash, hanya dengan Rp 20.000,- saja, para pecinta olahraga sudah dapat memiliki kartu tersebut. Mereka juga dapat membeli kartu dengan saldo Rp 30.000,- atau tanpa saldo sama sekali. Para petugas BNI juga stand-by di lokasi untuk membantu proses top-up saldo. Baik produk dan layanan tadi membuktikan komitmen BNI sejak awal untuk memudahkan segala transaksi pada perhelatan Asian Games 2018,” ujar Kiryanto.

Tidak hanya pengunjung, BNI memberikan kemudahan untuk pembayaran gaji dan transaksi dari para atlit, officials, dan warga negara asing yang turut dalam Asian Games 2018 melalui Kartu Virtual Account Debit Combo.

Selain memungkinkan pembayaran non-tunai, kartu tersebut menghilangkan keharusan para warga negara asing untuk membuka buku rekening sebelum dapat menikmati layanan perbankan dari BNI. Penyediaan Kartu Virtual Account Debit Combo untuk Asian Games 2018 mencapai 10.800 kartu.

Hadirnya aplikasi yap!, Kartu BNI TapCash, Kartu Debit Edisi Khusus Asian Games 2018, dan Kartu Virtual Account Debit Combo menandakan fleksibilitas produk perbankan yang dapat dimodifikasi demi mendukung berbagai macam event, termasuk event olahraga. Event olahraga juga dapat menjadi momen untuk meningkatkan literasi keuangan di masyarakat.

Setelah perhelatan selesai, aplikasi yap! dan Kartu BNI TapCash Edisi Khusus Asian Games 2018 tetap dapat digunakan untuk bertransaksi di berbagai macam merchant. Khusus untuk Kartu BNI TapCash, dapat digunakan pada bus TransJakarta, menggunakan Commuter Line, pembayaran transaksi toll dan bertransaksi di merchant lainnya.

Sukses Indonesia dalan Asian Games 2018 tidak hanya sukses dalam penyelenggaraannya, melainkan juga sukses menempatkan kontingen Indonesia di papan atas klasemen. BNI turut bangga menjadi salah satu pendukung utama, sama besarnya dengan kebanggaan BNI sebagai salah satu bank yang mendigitalkan Asian Games 2018, sejalan dengan misi BNI saat ini: BNItuDigital.

BNI Money Changer & BNI Smart Remittance

Kebutuhan penukaran uang para warga negara asing telah terakomodir oleh BNI Money Changer yang melayani penukaran 17 mata uang mulai dari dolar Amerika Serikat, dolar Australia, euro, poundsterling, dolar Singapura, yen Jepang, dolar Kanada, riyal Arab Saudi, swiss franc, dolar Hong Kong, ringgit Malaysia, bath Thailand, won Korea, dirham Uni Emirat Arab, renminbi China, hingga dolar Brunei.

Sebanyak 28 booth BNI Money Changer dibuka sepanjang hari, hingga pukul 22:00 WIB di Jakarta, Palembang, dan Jawa Barat serta menawarkan kurs yang kompetitif.

Pengiriman uang ke rekening debit virtual account dapat dilakukan menggunakan layanan BNI Smart Remittance, yang memiliki jaringan global melalui kerja sama dengan perbankan dan remittance company di seluruh dunia. BNI Smart Remittance dapat melayani kiriman uang ke rekening berupa outgoing transfer dan incoming transfer maupun wesel PIN, yaitu kiriman uang tanpa rekening bank dan dapat diambil tunai di seluruh outlet BNI, dengan syarat memperlihatkan PIN dan ID Card (paspor) penerima.

Sukses Indonesia dalan Asian Games 2018 tidak hanya sukses dalam penyelenggaraannya, melainkan juga sukses menempatkan kontingen Indonesia di papan atas klasemen. BNI turut bangga menjadi salah satu pendukung utama, sama besarnya dengan kebanggaan BNI sebagai salah satu bank yang mendigitalkan Asian Games 2018, sejalan dengan misi BNI saat ini: BNItuDigital.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : MediaDigital
Editor : MediaDigital

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

# Hot Topic

Rekomendasi Kami

Foto

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper