Fitch Pangkas Peringkat Utang 5 Perbankan Italia

Fitch Ratings menurunkan peringkat utang untuk lima perbankan di Italia setelah perusahaan pemeringkat utang tersebut memangkas outlook utang Negeri Pisa menjadi negatif.
Dwi Nicken Tari | 06 September 2018 19:55 WIB

Bisnis.com, JAKARTA – Fitch Ratings menurunkan peringkat utang untuk lima perbankan di Italia setelah perusahaan pemeringkat utang tersebut memangkas outlook utang Negeri Pisa menjadi negatif.

Fitch mengumumkan bahwa outlook peringkat utang milik UniCredit SpA, Intesa Sanpaolo SpA, Mediobanca SpA, Credito Emiliano, dan Banca Nazionale del Lavoro SpA diturunkan menjadi negatif dari stabil, seperti dikutip Bloomberg, Kamis (6/9/2018).

Adapun keputusan tersebut menegaskan pandangan Fitch bahwa peringkat utang perbankan Italia akan ikut diturunkan seiring dengan pemangkasan peringkat utang negaranya.

Pekan lalu, Fitch menurunkan peringkat utang Italia karena risiko reformasi struktural semakin meningkat dan dikhawatirkan dapat mengancam fundamental utang Italia.

Fitch juga menyebutkan bahwa risiko fiskal dan kebijakan lainnya kini semakin parah karena ketidakpastian politik di sana.

Adapun kekhawatiran investor pada musim panas ini terfokus pada anggaran pemerintah Italia. Yield obligasi pun bergerak semakin tinggi merespons janji-janji pemerintah populis.

Adapun salah satu janji pemerintah tersebut adalah ingin melakukan pemangkasan pajak dan memberikan pendapatan untuk masyarakat miskin, yang dipandang dapat memberikan dampak negatif untuk posisi utang dan defisit Italia.


Oleh karena fokus utama Intesa, Mediobanca, dan Credem sebagian besar untuk domestik Italia, ketiga perbankan tersebut pun menjadi paling rentan terkena risiko.

Adapun outlook UniCredit juga direvisi kendati telah memiliki diversifikasi geografis. Pasalnya, perbankan induknya di Italia memiliki risiko yang tetap tinggi dan berkorelasi dengan kondisi yang terjadi Italia.

Tag : italia, fitch ratings
Editor : Gita Arwana Cakti

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Top