Manfaat Pertemuan Tahunan IMF-WB 2018 untuk Indonesia

Pemerintah mengungkapkan pelaksanaan Pertemuan Tahunan International Monetary Fund (IMF) - World Bank (WB) akan memberikan manfaat terhadap perekonomian Indonesia baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang.
Rinaldi Mohammad Azka | 16 September 2018 20:52 WIB
Director Fiscal Affairs Departement IMF Vitor Gaspar dan panel lainnya memberikan paparan dalam rangkaian Spring Meeting World Bank 2018, Rabu (18/4). - Bisnis/David Eka Issetiabudi

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah mengungkapkan pelaksanaan Pertemuan Tahunan International Monetary Fund (IMF) - World Bank (WB) akan memberikan manfaat terhadap perekonomian Indonesia baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang.

Kepala Pusat Kebijakan Pembiayaan Perubahan Iklim dan Multilateral, Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kementerian Keuangan, Parjiono, mengungkapkan terdapat berbagai manfaat bagi Indonesia menjadi tuan rumah pertemuan tahun tersebut.

"Manfaat jangka pendek berupa pertemuan-pertemuan antara private sector dengan investor internasional, keuntungan finansial dari transportasi, akomodasi, makanan dan minuman, aktivitas belanja dan hiburan serta paket wisata yang diambil oleh para delegasi," ungkapnya, akhir pekan.

Dia pun bercerita manfaat jangka panjang dapat berupa transfer pengetahuan dimana Indonesia dapat berpengalaman sebagai penyelenggara agenda internasional. Selain itu, manfaat investasi dan perdagangan pun akan didapatkan dari menjadi penyelenggara tersebut.

"Semakin dikenalnya produk dan peluang investasi serta transaksi perdagangan. Pariwisata pun terjadi peningkatan kunjungan wisatawan ke 5 destinasi utama Indonesia," ujarnya.

Terakhir, Parjiono mengharapkan kepemimpinan Indonesia dalam mengawal isu-isu strategis global akan dilihat dunia dan menjadi modal yang berharga di masa mendatang.

 

 

 

Tag : annual meeting IMF-World Bank
Editor : Nancy Junita

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top