Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bank Besar Jor-Joran Naikkan Bunga Deposito

Kenaikan bunga deposito perbankan terus berlanjut seiring dengan peningkatan suku bunga acuan dan bunga penjaminan simpanan. Kenaikan beban biaya dana pun tak terhindarkan dengan adanya kenaikan suku bunga tersebut.
Porsi dana deposito perbankan berdasarkan kelompok permodalan, periode Januari 2015 hingga Mei 2018./Bisnis-Husin Parapat
Porsi dana deposito perbankan berdasarkan kelompok permodalan, periode Januari 2015 hingga Mei 2018./Bisnis-Husin Parapat

Bisnis.com, JAKARTA — Kenaikan bunga deposito perbankan terus berlanjut seiring dengan peningkatan suku bunga acuan dan bunga penjaminan simpanan. Kenaikan beban biaya dana pun tak terhindarkan dengan adanya kenaikan suku bunga tersebut.

Berdasarkan data Lembaga Penjamin Simpanan (LPS), sampai dengan akhir Agustus, rata-rata suku bunga deposito rupiah tercatat pada level 4,81%, naik 9 bps dari bulan sebelumnya. Selain itu, rata-rata suku bunga minimum terpantau naik 5 bps menjadi 4,81%.

Di sisi lain, deposito valas mengalami kenaikan rata-rata 8 bps, sedangkan suku bunga rata-rata maksimal dan minimum naik 8 bps dan 13 bps. Kenaikan terjadi secara gradual di semua kelompok bank, tetapi didominasi oleh bank umum kegiatan usaha (BUKU) III dan IV.

Kenaikan bunga deposito terkonfirmasi dari pelaku industri perbankan. Direktur Utama PT Bank Maybank Indonesia Tbk. Taswin Zakaria mengatakan,kompetisi likuiditas cukup ketat saat ini. Terlebih lagi, secara aturan bank umum kelompok usaha (BUKU) I & II memang boleh memberikan suku bunga dana lebih tinggi.

“Tapi sekarang ini Bank BUKU IV juga cukup agresif menawarkan suku bunga tinggi. Bank BUKU III sedikit terjepit posisinya,” ujarnya kepada Bisnis, Senin (17/9/2018).

Menurutnya, hal ini berpengaruh terhadap penyaluran kredit karena suku bunga kredit belum bisa menyesuaikan sepenuhnya. Oleh sebab itu, sambungnya, perseroan memperkuat likuiditas ritel untuk mengimbangi likuiditas institusional yang mahal karena kompetisi.

PT Bank OCBC NISP Tbk. juga mengkerek suku bunga deposito per 10 September 2018. Berdasarkan informasi tertulis yang diterima Bisnis, Senin (17/9), kenaikan counter rate berkisar 25 basis poin (bps) dan 50 bps.

Kenaikan suku bunga deposito paling tinggi adalah yang memiliki tenor 6 bulan dan 1 tahun. Keduanya memberikan imbal jasa kepada nasabah sebesar 5,25%. Simpanan dengan jangka waktu 1 bulan dan 3 bulan menjadi 5%.

Presiden Direktur PT OCBC NISP Parwati Surjaudaja bahwa keputusan kenaikan bunga deposito tersebut dilakukan seiring dengan sinyal yang telah diberikan oleh regulator. Penyesuaian yang lebih besar pada deposito dengan tenor lebih panjang, lanjutnya, dilakukan sesuai dengan kebutuhan pendanaan perseroan ke depan.

“Kenaikan bunga deposito seiring dengan signal dari regulator. Pertumbuhan DPK tidak serta merta tinggi karena naiknya bunga [deposito], karena kondisi likuiditas cenderung ketat. Adapun, tenor memang ada diversifikasi sesuai kebutuhan pendanaan,” katanya kepada Bisnis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper