Setiawan Ichlas Ingin Kendalikan Bank BKE, Ini Sikap OJK

Otoritas Jasa Keuangan masih menunggu kesepakatan bisnis antara PT Bank Kesejahteraan Ekonomi dengan pemegang saham untuk selanjutnya memberikan restu penawaran saham terbatas (rights issue).
Muhammad Khadafi | 19 September 2018 11:04 WIB
Jejak Setiawan Ichlas di Pasar Finansial

Bisnis.com, JAKARTA – Otoritas Jasa Keuangan masih menunggu kesepakatan bisnis antara PT Bank Kesejahteraan Ekonomi dengan pemegang saham untuk selanjutnya memberikan restu penawaran saham terbatas (rights issue).

Juru Bicara Otoritas Jasa Keuangan Sekar Putih Djarot mengatakan, tidak ada kendala terkait dengan proses rights issue Bank BKE.

“Kami menunggu kesepakatan antara pemegang saham dan terus mendorong untuk penambahan modalnya,” katanya kepada Bisnis, Selasa (18/9/2018).

Pekan lalu saat berkunjung ke Wisma Bisnis Indonesia, Jakarta, Sekretaris Perusahaan BKE Zulfikar Chainar mengatakan bahwa perseroan tengah memproses rights issue Bank BKE. Pengusaha Setiawan Ichlas melalui PT Danadipa Artha Indonesia yang memiliki 21% saham hendak menambah kepemilikan.

Perusahan itu berniat menjadi pemegang saham mayoritas dengan menjadi pembeli siaga pada rights issue Bank BKE yang ditargetkan meraup dana sebesar Rp300 miliar. Menurut Zulfikar, ruang membeli saham baru terbuka karena pemegang saham existing berpotensi tidak mengambil haknya.

Apabila rencana itu berjalan mulus, Danadipa bakal menjadi pemegang saham pengendali Bank BKE. Pasalnya, pemegang saham lain, seperti IKPRI sebagai pemilik saham mayoritas per 18 September 2019, akan terdelusi hingga menjadi 15%.

Namun, keinginan pengusaha Setiawan Ichlas untuk menjadi pemegang saham mayoritas tampaknya tidak mudah. Pasalnya, beberapa pemegang saham eksisting hendak mempertahankan porsi kepemilikan di bank itu.

Tag : bank bke
Editor : Hendri Tri Widi Asworo

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top