Kualitas Laporan Keuangan Pemda Naik, Ini Kata BPK

Ketua BPK Moermahadi Soerja Djanegara mengatakan nahwa saat ini hasil pemeriksaan BPK menunjukan opini yang diraih pemda mulai meningkat.
Edi Suwiknyo | 06 Oktober 2018 14:45 WIB
Kaditama Revbang BPK Bahtiar Arif (tengah) memberikan keterangan pers bersama Staf Ahli Bidang Pemeriksaan Investigasi BPK I Nyoman Wara (kanan) dan Kaditama Binbangkum BPK Nizam Burhanuddin (kiri) terkait hasil pemeriksaan BPK atas pengadaan RS Sumber Waras di kantor BPK, Jakarta, Rabu (13/4). - Antara

Bisnis.com, JAKARTA -  Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) menyebut kualitas Laporan Keuangan Daerah (LKPD) tak lepas dari upaya perbaikan oleh pemerintah daerah (Pemda).

Ketua BPK Moermahadi Soerja Djanegara mengatakan nahwa saat ini hasil pemeriksaan BPK menunjukan opini yang diraih pemda mulai meningkat.

“Opini WTP (Wajar Tanpa Pengecualian) yang diraih LKPD (Laporan Keuangan Pemerintah Daerah) terus meningkat dari 0,65% (3 LKPD) pada tahun 2006 menjadi 76% (411 LKPD) pada tahun 2017,” ungkapnya yang dikutip Sabtu (6/10/2018)l.

Moermahadi menyatakan peningkatan kualitas LKPD tidak lepas dari upaya pemerintah daerah dalam memperbaiki kelemahan yang terjadi pada tahun 2016. Upaya tersebut diantaranya adalah pemutakhiran data aset tetap, penginventarisasian ulang secara menyeluruh atas aset tetap, serta penyetoran dan pemulihan nilai pertanggungjawaban belanja dan jasa ke kas daerah.

Selain itu, dalam kesempatan tersebut Ketua BPK juga mengungkapkan bahwa sejak tahun 2005 sampai dengan 30 Juni 2018, BPK telah memberikan 510.514 rekomendasi yang bertujuan untuk membuat pemerintah, BUMN/BUMD dan badan lainnya bekerja lebih tertib, akuntabel, hemat, efisien, dan efektif.

Dari seluruh rekomendasi tersebut, sebanyak 369.356 rekomendasi (72%) telah ditindaklanjuti sesuai dengan rekomendasi, diantaranya sebanyak 306.691 (83%) rekomendasi telah ditindaklanjuti oleh pemerintah daerah.
 

Tag : bpk
Editor : Fajar Sidik

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top