Annual Meetings IMF - World Bank 2018: Bantuan Palu, Donggala dan Lombok Mengalir Dari Peserta

Beberapa negara peserta yang hadir di dalam Pertemuan Tahunan IMF-World Bank 2018 di Bali telah menyampaikan kesediaannya untuk memberikan bantuan bagi bencana alam di Palu dan Donggala serta Lombok.
Hadijah Alaydrus | 07 Oktober 2018 20:47 WIB
Foto udara kawasan tanah bergerak (likuifaksi) yang terjadi akibat gempa bumi berkekuatan 7,4 SR pada 28 September 2018 di Palu Selatan, Palu, Sulawesi Tengah, Senin (1/10/2018). - ANTARA/Irwansyah Putra

Bisnis.com, NUSA DUA - Beberapa negara peserta yang hadir di dalam Annual Meetings IMF-World Bank 2018 di Bali telah menyampaikan kesediaannya untuk memberikan bantuan bagi bencana alam di Palu dan Donggala serta Lombok.

Ketua Unit Khusus Pertemuan Tahunan IMF-World Bank 2018 Bank Indonesia Peter Jacobs menuturkan banyak negara  peserta merasa terpanggil memberikan bantuan.

"Paling tidak ada negara yang menyatakan mereka akan memberikan donasi gitu, ya nanti kita umumkan negara mana dan berapa jumlahnya,"  papar Peter di di sela-sela pengecekan di BNDCC, Nusa Dua, Minggu (7/10). 

Menurutnya, negara peserta ini punya perhatian besar kepada Indonesia.

Umumnya, peserta melihat Indonesia sebagai negara besar yang mampu menangangi acara sebesar ini ditengah situasi yang memang sedang banyak masalah gempa di Lombok dan juga gempa dan tsunami di Palu dan Donggala.

Dia menegaskan pernyataan kesediaan untuk membantu datang dari inisiatif negara peserta, bukan dari panitia nasional.

Pada Senin (8/10), Menko Maritim Luhut B. Panjaitan, Managing Director IMF Christine Lagarde, Gubernur Bank Indonesia dan Menteri Keuangan dijadwalkan akan pergi ke Lombok.

"Cuma beberapa jam saja, lalu di sana akan meninjau lokasi bencana dan akan memberikan bantuan," ujar Peter.

Sebelumnya, Menko Luhut dan Secretary of Fund and Director IMF Jianlin Hai mengunjungi Palu, Jumat (5/10). 

Keduanya memberikan bantuan 20 ton beras dan bahan makanan lainnya untuk korban bencana gempa dan tsunami di Palu.

Tag : annual meetings IMF-World Bank
Editor : Gita Arwana Cakti

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top