Pemerintah Siapkan Dana On Call Tambahan Rp500 Miliar untuk Palu--Donggala

Pemerintah sudah siapkan dana sebesar Rp500 miliar untuk  tambahan penanganan pasca Gempa Bumi dan Tsunami di Palu dan Donggala.
Rinaldi Mohammad Azka | 09 Oktober 2018 17:22 WIB
Sejumlah bangunan ambruk akibat gempa di Palu, Sulawesi Tengah , Sabtu (29/9). - Antara

Bisnis.com, NUSADUA - Pemerintah sudah siapkan dana sebesar Rp500 miliar untuk  tambahan penanganan pasca Gempa Bumi dan Tsunami di Palu dan Donggala.

Direktur Jendral Perimbangan Askolani, mengungkapkan anggaran tersebut sudah diperhatikan oleh pemerintah dan belum dicairkan. Namun, anggaran tersebut sudah masuk ke dalam alokasi Badan Nasional Penanggulangan Gempa (BNPB) sehingga anggaran tersebut dapat digunakan kapanpun sesuai kebutuhan.

"Senin sudah disetujui Ibu [Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati], Selasa sudah masuk ke DIPA, sehingga sepenuhnya sudah di dia untuk belanja anytime, tapi belanjanya tidak boleh sembarangan. Apapun kebutuhan yang dibutuhkan, itu bisa dibelanjakan," ungkapnya di sela-sela Agenda Annual Meeting IMF--World Bank Group 2018, Nusa Dua, Bali, Selasa (9/10/2018).

Menurutnya permintaan dana itu mekanismenya itu ada dua dana yang diminta BNPB, yang satu dana on call untuk darurat, termasuk untuk Lombok serta dana kedua itu adalah dana untuk pembangunan rumah di Lombok.

Dana kedua tersebut lanjutnya, masih dalam proses. Saat prosesnya masih verifikasi oleh BNPB dan Pemda.

"Jadi kalau sudah direview, diajukan anggarannya oleh BNPB. Itu masih jalan, kalau dana yang ini bukan on call, tapi langsung ditargetkan untuk perumahan," tuturnya.

Tag : gempa lombok
Editor : Gita Arwana Cakti

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top