Ekonomi Inggris Menuju ke Kuartal Terbaik Sejak 2016

Dilansir Bloomberg, berdasarkan data Kantor Statistik Nasional yang dirilis Rabu (10/10/2018), Produk Domestik Bruto (PDB) tumbuh 0,7% dalam tiga bulan terakhir hingga Agustus.
Aprianto Cahyo Nugroho | 10 Oktober 2018 16:49 WIB
Ilustrasi - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA – Perekonomian Inggris berada pada jalur kuartal terbaik dalam hampir dua tahun terakhir, meskipun meskipun kinerja bulan Agustus lebih lemah dari perkiraan.

Dilansir Bloomberg, berdasarkan data Kantor Statistik Nasional yang dirilis Rabu (10/10/2018), Produk Domestik Bruto (PDB) tumbuh 0,7% dalam tiga bulan terakhir hingga Agustus.

Pada bulan Agustus sendiri, pertumbuhan PDB stagnan, lebih rendah dari estimasi ekonom yang memperkirakan pertumbuhan sebesar 0,1%. Namun, kinerja serupa pada bulan September akan membuat pertumbuhan PDB pada kuartal ketiga mencapai 0,6%, naik dari 0,4% di kuartal kedua dan yang paling tinggi sejak akhir 2016.

Angka PDB tersebut membantu menjelaskan mengapa Bank of England menaikkan suku bunga ke level tertinggi sejak 2009 pada bulan Agustus. Pertumbuhan tahunan dalam tiga bulan terakhir mencapai 1,5%, di sekitar “batas kecepatan” BOE.

Ekonomi Inggris juga diuntungkan selama musim panas dari tingginya gelombang panas yang mendorong penjualan ritel dan industri jasa dominan serta proyek konstruksi, selain pertumbuhan sektor manufaktur.

Pada bulan Agustus, pertumbuhan sektor jasa juga stagnan, sedangkan output sektor infrastruktur melemah 0,7%. Produksi industri menguat 0,2% karena output minyak, gas, dan utilitas yang lebih tinggi mengimbangi penurunan 0,2% persen dalam manufaktur.

Di bulan yang sama, defisit perdagangan Inggris juga melebar menjadi 11,2 miliar poundsterling (US$14,8 miliar) karena impor meningkat lebih cepat daripada ekspor. Namun, defisit diperkirakan menyempit kuartal ketiga dibandingkan kuartal kedua.

Tag : ekonomi inggris
Editor : Sutarno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top