Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Rangkuman Kerja Sama di Forum Investasi Indonesia 2018 Bali

Berikut ini rangkuman signing ceremony yang dilakukan sejumlah BUMN dalam acara Indonesia Investment Forum 2018 yang diselenggarakan bersamaan dengan Pertemuan IMF-World Bank Group 2018 yang berlangsung di Nusa Dua, Bali, hari ini, Kamis (11/10/2018).
Menteri BUMN Rini M. Soemarno memberikan sambutan dalam acara penadatanganan 19 kerja sama dalam Forum Investasi Indonesia di Nusa Dua, Bali, Kamis (11/10/2018).
Menteri BUMN Rini M. Soemarno memberikan sambutan dalam acara penadatanganan 19 kerja sama dalam Forum Investasi Indonesia di Nusa Dua, Bali, Kamis (11/10/2018).

Bisnis.com, NUSA DUA, Bali - Berikut ini rangkuman signing ceremony yang dilakukan sejumlah BUMN dalam acara Indonesia Investment Forum 2018 yang diselenggarakan bersamaan dengan Pertemuan IMF-World Bank Group 2018 yang berlangsung di Nusa Dua, Bali, hari ini, Kamis (11/10/2018).

BMRI-JSMR

Penyerahan surat izin efektif untuk dana investasi infrastruktur atau Dinfra dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) kepada PT Jasa Marga (Persero) Tbk. dan PT Bank Mandiri (Persero) Tbk.

Penyerahan atau penandatangan dilakukan oleh Direktur Utama Jasa Marga Desi Arryani, Direktur Utama Bank Mandiri Kartika Wirjoadtmodjo, dan Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal Otoritas Jasa Keuangan Hoesen. Nilai investasi yang disepakati diperkirakan menembus US$112 juta. 

Penandatanganan investasi reksa dana penyertaan terbatas (RDPT) PT Jasa Marga (Persero) Tbk. dan PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. dengan AIA, Allianz Life, IIF, Taspen, dan Wana Artha.

Penandatangan dilakukan oleh Direktur Utama Jasa Marga Desi Arryani, Direktur Utama Bank Mandiri Kartika Wirjoadtmodjo, dan CEO Allianz Life Indonesia Joos Louwerier dengan nilai investasi US$224 juta. 

PERTEMINA-CPC
Penandatangan Framework Agreement antara PT Pertamina (Persero) dan CPC Corporation, Taiwan yang akan menetapkan peran dan tanggung jawab kedua pihak dan mengkonfirmasi pengembangan dasar dan pelaksanaan proyek.

Dalam kerja sama tersebut, Pertamina dan CPC akan membentuk joint venture yang bekerja sama untuk pengembangan skala naphtha cracker dan membangun unit turunan hilir yang dapat memenuhi kekurangan produk di Indonesia seperti propylene, polyethylene, dan butadiene.

Penandatangan dilakukan antara Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati dan Chairman CPC Corporation, Taiwan, Chein Tai. Nilai kesepakatan tersebut senilai US$6,5 miliar.

MEGA-HK
PT Hutama Karya (Persero) melakukan penandatangan pinjaman pembangunan jalan tol Pekanbaru—Dumai dengan PT Bank Mega Tbk. senilai US$523 juta. Kesepakatan diteken oleh Direktur Utama Hutama Karya Bintang Perbowo dan Presiden Direktur Bank Mega Kostaman Thayib.

Investasi yang dikucurkan merupakan pinjaman bilateral antara Hutama Karya dan Bank Mega untuk mendukung program pemerintah mengakselerasi program pembangunan infrastruktur. Ruas tersebut ditargetkan beroperasi pada 2020 dengan total panjang 131 kilometer.

HK-MUFG

PT Hutama Karya (Persero) meneken loan agreement untuk menutup kewajiban porsi ekuitas di ruas tol Pekanbaru Dumai dengan sejumlah institusi finansial. Total fasilitas yang diberikan senilai US$336 juta.

Penandatangan dilakukan oleh Direktur Utama Hutama Karya Bintang Perbowo dan Deputy General Manager Head of Global Corporate Banking MUFG Pancaran Affendi. 

HK-BMRI SINDIKASI

PT Hutama Karya (Persero) meneken pinjaman dari PT Bank Mandiri (Persero) Tbk., PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk., PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk., PT Bank CIMB Niaga Tbk, dan PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero).

Dalam kesepakatan tersebut, investment loan atau pinjaman investasi yang diberikan US$684 juta dan credit default swap (CDP) loan hingga US$388 juta untuk menutupi porsi pinjaman ruas tol Terbanggi Besar- Pematang Panggang-Kayu Agung.

Ruas tersebut merupakan salah satu bagian prioritasi dari Trans-Sumatra yang ditargetkan beroperasi pada 2019 dengan total panjang 185 kilometer.

SMI-MAYBANK

PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero) meneken penandatangan fasilitas sharia cross currency hedging dengan PT Bank Maybank Indonesia Tbk. Cakupan dari perjanjian tersebut bernilai setara dengan US$128 juta.

Adapun, penandatangan dilakukan oleh Direktur Utama Sarana Multi Infrastruktur Emma Sri Martini dan CEO Bank Maybank Indonesia Taswin Zakaria.

GMFI

PT Garuda Maintenance Facility AeroAsia Tbk. meneken kemitraan strategis dalam Industri maintenance repair and overhaul (MRO) dan aviasi dengan Air France Industries KLM Engineering&Maintenance.

Penandatanganan dilakukan oleh Direktur Utama Garuda Maintenance Facility AeroAsia Iwan Joeniarto dan Anne Brachet EVP Air France Industries-KLM E&M. Kerja sama tersebut akan fokus menggarap fasilitas utama GMF di Jakarta. Potensi nilai bisnis mencapai US$400 juta dalam 10 tahun.

GMF-CCCI

PT Garuda Maintenance Facility AeroAsia Tbk. meneken kemitraan dengan PT China Communications Construction Indonesia. Keduanya meneken perjanjian bersyarat dalam bentuk skema joint venture atau pembiayaan proyek yang mengkhususkan kepada perawatan pesawat, perbaikan, operasi, dan penerbangan terkait.

Secara detail, China Communication Construction akan melakukan penyertaan ekuitas dengan potensi nilai bisnis US$500 juta.

Penandatangan dilakukan oleh Direktur Utama Garuda Maintenance Facility AeroAsia Iwan Joeniarto dan Presiden Direktur China Communications Construction Indonesia Fan Yilin.

ITDC

Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) meneken pendanaan pengembangan dengan Asian Infrastructure Investment Bank (AIIB). 

Fasilitas pembiayaan dengan total mencapai US$248,4 juta. Kesepakatan diteken oleh Chief Executive Officer ITDC Abdulbar M. Mansoer dan Director General AIIB Supee Teravaninthorn.

Proyek yang akan didanai ditargetkan akan diterima jajaran direksi Asian Infrastructure Investment Bank pada Desember 2018. Skema tersebut akan menjadi pendanaan tunggal perbankan perdana di Indonesia dan pendanaan perbankan pertama di infrastruktur pariwisata secara global.

Destinasi pariwisata Mandalika ditargetkan selesai pada rentang 2019—2026 yang terdiri atas dua fase. Proyek yang akan diusulkan kepada Asia Infrastructure Investment Bank yakni tahap I yakni dua komponen.

Pertama, penyediaan layanan dasar dan infrastruktur akan mencakup konstruksi baru, rehabilitasi, dan rekonstruksi infrastruktur di Mandalika serta diseleksi sekitarnya komunitas. Kedua, dukungan implementasi dan pengembangan kapasitas untuk melengkapi komponen pertama. 

 Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC)  menekan Head of Agreement (HOA) dengan Amorsk Group.

Penandatanganan dilakukan oleh Janitra Limmantoro, Chief Executive Officer Menjangan Group, Saifful Azhar Sabaruddin, Developer Advisor, Chief Executive Officer ITDC Abdulbar M. Mansoer, Syed Naziam Syed Faisal, President/Commisioner PT Amorsk Indonesia, Group CEO Serba Dinamik Holding Berhad.

WIKA

Penandatangan Head of Agreement antara PT Wijaya Karya (Persero) Tbk. dan Menjangan Group untuk pengembangan destinasi pariwisata dan infrastructure di Wilayah Utara Bali

HoA diteken oleh Direktur Utama Wijaya Karya Tumiyana, Chief Executive Officer ITDC Abdulbar M. Mansoer, Janitra Limmantoro, Chief Executive Officer Menjangan Group.

Pengembangan yang dilakukan berupa resort yang berlokasi di Wilayah Utara Bali yang ditargetkan beroperasi pada 2022. Nilai investasi mencapai US$198 juta.

AP II & DANAREKSA

PT Angkasa Pura II (Persero) meluncurkan proses pencarian mitra strategis berkolaborasi dengan PT Danareksa Sekuritas. Perseroan berencana memperluas Kualanamu Airport di Medan, Sumatra Utara, yang tengah berkembang pesat. 

AP II mengundang pihak yang berkepentingan untuk menyerahkan letter of interest kepada perseroan dan/atau financial adivisor. Tujuannya, untuk memilih mitra strategis dengan tiga tujuan yakni ekspansi, keahlian, dan keadilan. Nilai investasi diproyeksikan menembus US$500 juta. 

Penandatangan dilakukan Presiden Direktur Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin dan Presiden Direktur Danareksa Sekuritas Jenpino Ngabdi.

PINDAD

PT Pindad (Persero) menekan kemitraan strategis dengan Waterbury Farrel untuk pembangunan pabrik amunisa kecil di Turen, Malang.

Penandatangan dilakukan oleh Direktur Utama Pindad Abraham Mose dan President & CEO Magnum Integrated Technology Inc. Waterbury Farrel Division dengan nilai investasi mencapai US$100 juta.

Adapun, skema kooperasi yakni built operate transfer (BOT) selama 10 tahun. Pindad akan menyiapkan lahan kemudian Waterbury Farrel akan menjadi mitra teknologi. Pendanaan akan disediakan oleh investor lokal atau perbankan. 

ANTAM-OENI

PT Aneka Tambang Tbk menekan Head of Agreement (HoA) dengan Ocean Energy Nickel International Pty Ltd (OENI) dengan nilai kesepakatan US$320 juta.

HoA berisi di mana Antam akan menyedian pasokan bijih nikel yang stabil untuk proyek NPI Blast Furnac di Halmahera, Maluku Utara. OENI akan memastikan keuangan dari keseluruhan proyek dan penyelesaian konstruksi sesuai jadwal dengan porsi kepemilikan 70% dan Antam 30%.

Penandatangan HoA dilakukan oleh Arie Prabowo Ariotedjo, Direktur Utama Aneka Tambang dan Li Pingsheng, Chairman and Director Ocean Energy Nickel International.

INALUM-ANTAM-CHALCO

PT Indonesia Asahan Alumunium (Persero), PT Aneka Tambang Tbk. meneken Head of Agreement (HOA) dengan Alumunium Corporation of China Limited (Chalco). 

Penandatangangan dilakukan oleh Direktur Utama Indonesia Asahan Alumunium (Inalum) Budi Gunadi Sadikin, Direktur Utama Aneka Tambang Arie Prabowo Ariotedjo, dan President Chalco Lu Dongliang. Nilai kesepakatan tersebut mencapai US$850 juta.

Penandatangan HoA tersebut berisi kesepakatan bahwa Chalco akan membeli saham PT Borneo Alumina Indonesia (BAI) sehubungan dengan
pengembangan Smelter Grade Alumina Refinery (SGAR). Fasilitas tersebut akan memiliki kapasitas produksi alumina sebesar 1 juta tpa, di Mempawah, Kalimantan Barat.

KAI & INKA

PT Kereta Api Indonesia (Persero) dan PT INKA (Persero) meneken Head of Agreement (HOA) dengan Progress Rail untuk investasi gabungan dan kolaborasi teknologi otomotif.

Penandatanganan dilakukan oleh Direktur Utama Kereta Api Indonesia (KAI) Edi Sukmoro, Direktur Utama INKA Budi Noviantoro, dan Senior Vice President and South East Asia of Progress Raill Patrick O’Donnel. Nilai kesepakatan tersebut mencapai US$500 juta.

BOMA-DOOSAN

Penandatanganan HoA PT Boma Bisma Indra (Persero) dengan Doosan Infracore Co.Ltd. dan PT Equiti Manajemen Teknologi. Rencananya, akan dilakukan kemitraan strategis untuk mendukung manufaktur mesin kelautan nasional untuk jalan tol laut. Nilai investasi diperkirakan mencapai US$185 juta.

Penandatangan dilakukan oleh Direktur Utama Boma Bisma Indra Rahman Sadikin, Executive Vice Presiden Doosan Infracore Co. Ltd, dan Direktur Utama Equiti Manajemen Teknologi Rudy Setyopurnomo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Fajar Sidik
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper