Annuel Meeting IMF-World Bank Group 2018, Jokowi Pamerkan Capaian SDGs

Presiden Joko Widodo memamerkan capaiannya dalam Sustainable Development Goals (SDGs) di pertemuan kepala negara Asean.
Rinaldi Mohammad Azka | 11 Oktober 2018 23:07 WIB
Presiden Joko Widodo bersama Perdana Menteri Singapura Lee Hsein Loong saat memberikan keterangan pers bersama seusai pelaksanaan Asean Leader gathering (ALg) di Nusa Dua Bali, Kamis (11/10/2018). - Bisnis/Rinaldi Mohammad Azka

Bisnis.com, NUSA DUA – Presiden Joko Widodo memamerkan capaiannya dalam Sustainable Development Goals (SDGs) di pertemuan kepala negara Asean.

Hal ini diungkapkan Presiden Jokowi seusai melaksanakan pertemuan tersebut di sela-sela agenda Annual Meeting IMF-World Bank Group 2018 di Nusa Dua, Bali, pada Kamis (11/10/2018).

"Saya menyampaikan langkah dan capaian Indonesia dalam SDGs, menurunnya kemiskinan menjadi 1 digit menjadi 9,8% pada 2018 serta peningkatan akses air bersih bagi rumah tangga menjadi 76,74%," tuturnya.

Kepala Negara pun melanjutkan cerita mengenai pencapaiannya yakni meningkatnya akses pelayanan kesehatan melalui Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) mencapai 77,78%, menurunnya angka stunting di anak-anak menjadi 29,6% pada 2018.

Selain itu, terjadi peningkatan kualitas pendidikan yang inklusif angka partisipasi kasar pada pendidikan dasar mencapai 108,5%.

"Tidak kalah penting kemajuan besar dalam pembangunan infrastruktur dalam 4 tahun terakhir sebagai perwujudan poin 9 SDGs," ungkapnya.

Dia pun mengajak agar seluruh kepala negara Asean agar menjadi mau bekerja sama untuk pencapaian SDGs bagi masing-masing negara.

"Sebagai penutup saya ingin mengatakan pencapain sdgs tidak dapat dipenuhi secara isolatif oleh satu negara tanpa bekerja sama dengan negara lain, pencapaian SDGs memerlukan global leadership dan share responsibilities," jelasnya.

Seluruh kepala negara Asean terkonfirmasi hadir. Dalam avara itu hadir pula Sekretaris Jenderal Asean Lim Jock Hoi, Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres, Presiden Bank Dunia Jim Yong Kim dan Direktur Pelaksana IMF Christine Lagarde.

Pertemuan tersebut dipimpin oleh Presiden Joko Widodo dan Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong dengan mengambil tema “Achieving SDGs and Overcoming Development Gap through Regional and Global Collaborative Actions”.

Tag : SDGs, annual meetings IMF-World Bank
Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top