Annual Meeting IMF-World Bank 2018: Perang Dagang Kurangi 1% PDB Dunia

Direktur Pelaksana IMF Christine Lagarde memprediksi ketegangan perdagangan dapat mengurangi 1% produk domestik bruto (PDB) global hingga 2019.
Hadijah Alaydrus | 12 Oktober 2018 11:16 WIB
Presiden Joko Widodo (kanan) berjabat tangan dengan Direktur Pelaksana IMF Christine Lagarde saat Asean Leaders Gathering di sela-sela rangkaian Pertemuan Tahunan IMF World Bank Group 2018 di Nusa Dua, Bali, Kamis (11/10/2018). - ANTARA/M Agung Rajasa

Bisnis.com, NUSA DUA - Direktur Pelaksana IMF Christine Lagarde memprediksi ketegangan perdagangan dapat mengurangi 1% produk domestik bruto (PDB) global hingga 2019. 

"Kami memperkirakan bahwa eskalasi ketegangan perdagangan saat ini dapat mengurangi PDB global hampir 1% selama dua tahun ke depan," ujar Lagarde dalam Plenary Meeting Session IMF-WB, Nusa Dua, Bali, Jumat (12/10/2018). 

Dalam perkiraan ekonomi yang dipaparkan minggu ini,  IMF memangkas pertumbuhan ekonomi dunia sebesar 2% dari 3,9% menjadi 3,7% pada tahun ini dan 3,7% pada tahun depan.

Oleh karena itu, dia mengimbau agar semua negara dapat bekerjasama menangani permasalahan perdagangan. Namun, dia mengingatkan agar sistem perdagangan global perlu direformasi menjadi lebih baik dan adil untuk semua negara. 

"Itu berarti memperbaiki sistem, bersama-sama," kata Lagarde. 

Isu yang sama juga diungkapkan oleh Presiden Jokowi dalam pidatonya. Dalam menghadapi ketegangan perdagangan, dia berpesan agar negara-negara dapat bersatu. Pasalnya, menang atau kalah di dalam konfrontasi atau perselisihan ini hanya akan membawa penderitaan.

"Tidak ada artinya menjadi ekonomi yang kuat di tengah, dunia yang tenggelam," ujar Jokowi.

 

Tag : imf, annual meetings IMF-World Bank
Editor : Nancy Junita

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top