Ditjen Bea Cukai Terus Tingkatkan Kepatuhan Pelaku Usaha BKC

Bisnis.com, JAKARTA - Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) Kemenkeu terus berupaya meningkatkan kepatuhan pelaku usaha barang kena cukai (BKC).
Edi Suwiknyo | 22 Oktober 2018 15:25 WIB
Direktur Jenderal Bea dan Cukai Heru Pambudi memberikan keterangan pers di Kompleks Parlemen, Selasa (10/7 - 2018)

Bisnis.com, JAKARTA - Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) Kemenkeu terus berupaya meningkatkan kepatuhan pelaku usaha barang kena cukai (BKC).

Hal itu dilakukan dengan menggelar Focus Group Discussion tentang kepatuhan pengusaha BKC dengan tema “Optimalisasi Penerimaan melalui Peningkatan Kepatuhan Pengusaha BKC (Compliance drive The Revenue)”, belum lama ini.

Pelaksana Tugas Direktur Teknis dan Fasilitas Cukai DJBC Nugroho Wahyu Widodo menyampaikan bahwa penerimaan dipengaruhi oleh kondisi Pasar (market driven), tingkat kepatuhan (compliance driven), serta pengembangan sistem yang dapat mendorong pengusaha untuk patuh.

"Hasil diskusi ini akan menjadi masukan dalam menyusun konsep aturan tentang pemeriksaan lapangan untuk pabrik hasil tembakau skala kecil dan pengusaha TPE, pengembangan profiling pengusaha pabrik BKC, aplikasi pengawasan cukai, dan Joint Proses Bisnis di bidang Cukai antara DJBC-DJP sebagai milestone selanjutnya dari kegiatan joint analysis, joint audit dan joint enforcement yang sudah dilakukan selama ini," kata Nugroho dikutip dalam laman resmi, Senin (22/10/2018).

Adapun kegiatan ini diikuti oleh 43 (empat puluh tiga) peserta yang terdiri dari Kasi Intelijen dari beberapa Kantor Wilayah, Kasi intelijen dan Penindakan dari Kantor Madya Cukai dan Kasi Pelayanan Kepabeanan dan Cukai dari Kantor Madya Pabean yang mengawasi pabrik BKC (Barang Kena Cukai) HT (Hasil Tembakau) dan MMEA (Minuman Mengandung Etil Alkohol).

Selain itu, perwakilan dari Direktorat Teknis dan Fasilitas Cukai, Direktorat Penindakan dan Penyidikan, Direktorat Audit Kepabeanan dan Cukai, Direktorat Penerimaan dan Perencanaan Strategis, dan Direktorat Informasi Kepabeanan dan Cukai juga hadir dalam FGD tersebut.

Tag : Bea Cukai
Editor : Achmad Aris

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top