BI Melihat Pertumbuhan Kuartal III Melambat

Bank Indonesia melihat pertumbuhan ekonomi Indonesia melambat pada kuartal III/2018 seiring dengan rendahnya net ekspor Indonesia.
Hadijah Alaydrus | 23 Oktober 2018 15:05 WIB
BI melihat pertumbuhan ekonomi Indonesia melambat pada kuartal III/2018 seiring dengan rendahnya net ekspor./ILUSTRASI-ANTARA FOTO - Didik Suhartono

Bisnis.com, JAKARTA - Bank Indonesia melihat pertumbuhan ekonomi Indonesia melambat pada kuartal III/2018 seiring dengan rendahnya net ekspor Indonesia.

Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia (BI) Mirza Adityaswara mengungkapkan perkiraan bank sentral akan mencapai sekitar 5,1% atau lebih rendah dari kuartal sebelumnya.

Dia penurunan net ekspor terjadi di beberapa komoditas unggulan Indonesia, seperti pertanian dan pertambangan.

"Harga kelapa sawit dan batu bara Indonesia, dua komoditas andalan kita, harganya relatif melemah dan menekan ekspor," tegas Mirza, Selasa (23/10).

Kondisi ini, lanjutnya, diikuti dengan pertumbuhan impor yang relatif kuat seiring dengan kebutuhan pembangunan infrastruktur jangka panjang di dalam negeri. 

Pertumbuhan impor semakin dibebani dengan posisi Indonesia sebagai net importir minyak di tengah harganya yang melambung tinggi. 

Kendati demikian, bank sentral melihat konsumsi tetap baik didukung daya beli yang terjaga dan belanja terkait pemilu serta keyakinan konsumen yang tetap tinggi. 

"Investasi masih tumbuh cukup tinggi ditopang baik investasi bangunan, terkait proyek infrastruktur dan properti, maupun investasi nonbangunan," ujar Mirza.

Tag : bank indonesia, Pertumbuhan Ekonomi
Editor : Gita Arwana Cakti

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top