Hindari Kecemburuan Swasta, Pemerintah Perlu Bagi ‘Kue’ Infrastruktur

Pemerintah masih banyak menggunakan jasa BUMN karya dalam pengerjaan proyek infrastrukturnya. Hal ini dinilai dapat membuat kecemburuan swasta terkait bagi 'kue' pembangunan infrastruktur.
Rinaldi Mohammad Azka | 24 Oktober 2018 08:11 WIB
Pekerja beraktivitas di proyek pembangunan Makassar New Port (MNP) di Makassar, Sulawesi Selatan, Selasa (23/10/2018). - JIBI/Paulus Tandi Bone

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah masih banyak menggunakan jasa BUMN karya dalam pengerjaan proyek infrastrukturnya. Hal ini dinilai dapat membuat kecemburuan swasta terkait bagi 'kue' pembangunan infrastruktur.

Rektor Unika Atma Jaya sekaligus pengamat ekonomi, Agustinus Prasetyantoko menilai pemerintah harus memberikan pemerataan distribusi proyek infrastruktur ke swasta.

"Jangan sampai karena proyek infrastruktur justru muncul 'konglomerasi BUMN' khususnya yang banyak menggarap proyek infrastruktur seperti BUMN karya," tuturnya kepada Bisnis, Selasa (23/10/2018).

Menurutnya, ketika proyek yang dikerjakan terlalu besar bebannya, proyek tersebut dapat tetap dipegang oleh BUMN dan swasta diberi jatah mengisi vendor proyek.

Perlakukan ini akan memberikan dampak positif karena mendorong peran swasta menengah.

"Saat ini ada kecederungan, semua kebutuhan dipenuhi oleh BUMN, dengan cara membuat anak-anak perusahaan sebagai vendor," tambah Agustinus.

 

 

 

 

Tag : infrastruktur, bumn
Editor : Nancy Junita

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top