Pangeran Mohammed Yakini Investor Kasus Khashoggi Tak Ganggu Upaya Reformasi Ekonomi Arab Saudi

Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman berjanji akan mengusut tuntas kasus pembunuhan Jamal Khashoggi dan memberikan keadilan bagi pelakunya.
Dwi Nicken Tari | 25 Oktober 2018 17:51 WIB
Putra Mahkota Arab Saudi Pangeran Mohammed bin Salman - Reuters/Joshua Roberts

Bisnis.com, JAKARTA - Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman berjanji akan mengusut tuntas kasus pembunuhan Jamal Khashoggi dan memberikan keadilan bagi pelakunya.

“Kami akan membuktikan kepada dunia bahwa dua pemerintah (Arab Saudi dan Turki) bekerjasama untuk menghukum siapapun kriminalnya, pelakunya, dan pada akhirnya keadilan akan ditegakkan,” ujarnya  dalam konferensi Future Investment Initiative, seperti dikutip Reuters, Kamis (25/10).

Dalam Konferensi investasi dari Arab Saudi itu, Pangeran Mohammed juga menyampaikan kepada investor internasional yang hadir bahwa kasus Khashoggi tersebut tidak akan mengganggu upaya reformasi ekonomi yang diupayakannya.

Adapun, komentar Pangeran Mohammed tersebut diutarakan beberapa jam setelah Presiden AS Donald Trump, seperti dikutip Wall Street Journal, menyampaikan bahwa Pangeran Mohammed harus bertanggung jawab dengan segala kejadian yang berakhir pada kematian Khashoggi. Terkait pembunuhan tersebut, Trump saat ini pun menginginkan tanggung jawab yang lebih tinggi dari Kerjaan Arab Saudi.

Sebelumnya, para pemimpin Eropa juga menilai 'pembunuhan' wartawan dan kolumnis Washington Post di kantor konsulat Arab Saudi di Istanbul, Turki harus diusut secara jelas.

Adapun, Khashoggi sejak 2017 mengasingkan diri ke Amerika Serikat dan memegang green card. Tulisan Khashoggi dikenal suka mengkritisi kebijakan Riyadh. Selama di Amerika Serikat, dia menulis kolom di Washington Post.

Sementara itu, dalam konferensi Future Investment Initiative yang diselenggarakan pada 23-25 Oktober 2018 di Riyadh, ada penandatanganan bisnis lebih dari 25 kesepakatan dengan nilai mencapai US$56 miliar.

Tag : arab saudi
Editor : Gita Arwana Cakti

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top