Kuartal IV: Kredit UMKM Berpotensi Tumbuh Lebih Baik

Perbankan punya harapan pada dua bulan terakhir ini untuk menggenjot kredit usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Pasalnya konsumsi masyarakat diperkirakan akan naik seiring dengna libur Natal dan Tahun Baru.
Muhammad Khadafi | 07 November 2018 05:56 WIB
Pekerja menyelesaikan pembuatan tahu di Jakarta, Senin (10/9/2018). - JIBI/Nurul Hidayat

Bisnis.com, JAKARTA – Perbankan punya harapan pada dua bulan terakhir ini untuk menggenjot kredit usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Pasalnya konsumsi masyarakat diperkirakan akan naik seiring dengna libur Natal dan Tahun Baru. 

“Kredit modal kerja yang punya peluang di situ,” kata Direktur Riset Centre of Economic Reform (CORE) Piter Abdullah kepada Bisnis, Selasa (6/11/2018).

Sementara itu per kuartal III/2018, tengah suburnya pertumbuhan penyaluran pendanaan tahun ini, kredit kepada usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) justru melambat. Pada triwulan ketiga kredit yang mengucur ke sektor tersebut tumbuh 9,4% secara tahunan (yoy), merosot dari dua kuartal sebelumnya yang masing-masing naik 10% yoy.

Berdasarkan data Analisa Uang Beredar, skala usaha kecil dan menengah menjadi kontributor utama. Keduanya mencatat pertumbuhan, secara berurutan 10,9% dan 5,2%, dari sebelumnya 11,3% dan 6,6%.

Piter mengatakan bahwa fenomena itu  seiring dengan perlambatan kondisi perekonomian pada kuartal III/2018. “Perlambatan ini terutama dipicu oleh tertahannya pertumbuhan konsumsi yang sangat terkait dengan perkembangan UMKM,” katanya.

Menurut Badan Pusat Statistik, konsumsi rumah tangga masih mengindikasikan kenaikan daya beli. Pertumbuhan kuartal III/2018 naik 5,01%. Akan tetapi angka tersebut berada di bawah capaian kuartal II/2018 yang tumbuh 5,14%.

Selain itu, kata Piter, pada triwulan ketiga suku bunga acuan Bank Indonesia mulai berdampak kepada suku bunga dasar kredit (SBDK). Pada akhirnya hal ini akan membuat pelaku usaha berpikir panjang untuk melakukan ekspansi bermodal pendaanaan dari bank. 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
kredit umkm

Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top