CAD Melebar, Sri Mulyani Akan Terus Review Statitik Barang Impor Tiap Bulan

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyatakan akan terus melakukan review statistik barang-barang impor  yang masuk seiring melebarnya curent account deficit (CAD) triwulan III/2018 yang mencapai 3,37% terhadap Produk Domestik Bruto (PDB). 
Puput Ady Sukarno | 10 November 2018 08:43 WIB
Kapal kargo melego jangkar di Selat Madura, Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (16/9)./ANTARA FOTO - Didik Suhartono

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyatakan akan terus melakukan review statistik barang-barang impor  yang masuk seiring melebarnya curent account deficit (CAD) triwulan III/2018 yang mencapai 3,37% terhadap Produk Domestik Bruto (PDB). 

Menurutnya review terhadap pergerakan laju impor barang-barang migas maupun non migas itu menjadi sangat penting, lantaran diakuinya bahwa melebarnya CAD disebabkan meningkatnya permintaan impor, seiring laju pertumbuhan ekonomi yang juga positif.

"Kita harus terus menerus melakukan review dan fleksibilitas saja terhadap apa yang kita lihat," ujarnya saat ditemui usai rapat di Kemenko Perekonomian, Jumat (9/11/2018) malam.

Menurutnya dalam suasana normal, apabila capital flow-nya sudah muncul lagi, sebetulnya kondisi CAD saat ini tersebut tidak ada masalah, karena pemerintah tetap tidak akan mengorbankan pertumbuhan ekonomi terlalu besar.

"Jadi dalam hal ini kita mencari keseimbangan yang hati hati dan tiap bulan harus melakukan review saja terhadap statistiknya terhadap barang barang impor itu baik migas maupun non migas itu," ujarnya.

Kendati demikian, dengan sejumlah langkah yang ditempuh pemerintah saat ini untuk menjaga transaksi berjalan saat ini, pihaknya masih enggan memproyeksikan seberapa besar kondisi CAD pada akhir tahun ini. "Aku tidak mau meramalkan," ujarnya.

Tag : impor
Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top