Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Adira Genjot Pembiayaan Mobil Bekas

PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk., (Adira Finance) menggenjot pembiayaan mobil bekas melalui platform online.
Adira Finance. /Bisnis.com
Adira Finance. /Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA -- PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk., (Adira Finance) menggenjot pembiayaan mobil bekas melalui platform online.

Direktur Penjualan, Servis dan Distribusi Adira Finance Niko Kurniawan B menargetkan pembiayaan dari kerja sama melalui penjualan dengan platform online OLX Indonesia sekitar 500 unit dalam sebulan dengan nilai sekitar Rp10 miliar.
 
“Program kerja sama sangat membantu karena di luar kompetitor sangat banyak,” tuturnya, Rabu (21/11).

Hingga Oktober 2018, Adira Finance telah menyalurkan pembiayaan senilai Rp31,4 triliun. Adapun portofolio pembiayaan kendaraan roda empat sekitar 52%, sementara kontribusi kendaraan bekas masih sekitar 20%. Pembiayaan mobil bekas masih didominasi oleh mobil keluarga.

Di samping itu, pemberlakuan ganjil genap oleh Kementerian Perhubungan juga mengerek penjualan mobil bekas meskipun tidak signifikan.

“Tidak begitu besar. Kebanyakan masih beralih ke motor dan transportasi umum. Kenaikan pembiayaan motor juga didorong oleh data industri yang naik 8%,” tuturnya.

Adira Finance mencatat non performing financing (NPF) sebesar 1,8% pada Oktober 2018, menurun dibandingkan periode yang sama tahun lalu sebesar 1,9%. Adapun rasio kredit macet mobil bekas, kata Niko, masih lebih tinggi dibanding mobil baru. Namun, secara umum, NPF Adira Finance masih terjaga, jadi Niko tidak terlalu khawatir dalam memberikan pembiayaan mobil bekas  

“Akuisisi pertama sangat memengaruhi, seperti memilih dealer. Akuisisi jangan sampai ada kesalahan sehingga pelanggan tidak mampu bayar. Kedua, maintenance atau kemudaha bagi pelanggan dalam melakukan pembayaran angsuran. Dua faktor itu penting untuk menjaga NPF,” tuturnya.

Head of Marketplace Development Operations OLX Indonesia Kamalesh Bathala Chandrasekar mengatakan delapan dari 10 dealer mobil bekas di Indonesia sudah menggunakan OLX.  Bahkan, ada 700.000 pengguna aktif yang tertarik membeli mobil bekas di platform-nya.

“Saat ini 80% penjualan mobil kami adalah mobil bekas. Melalui program ini, kegiatan ini tidak hanya melibatkan para penjual mobil yang terpercaya, tetapi juga berbagai mitra profesional di bidang otomotif,” tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nindya Aldila
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper