Inggris Berikan Layanan Kemudahan Visa Bagi 23 Perusahaan di Indonesia

Inggris memberikan layanan bebas visa bagi 23 perusahaan Indonesia melalui Select Business Scheme (SBS).
Dwi Nicken Tari | 22 November 2018 15:58 WIB
Dubes Inggris untuk Indonesia Moazzam Malik (kanan) dan Direktur Bagian Visa Inggris Wilayah Asia Pasifik Dominique Hardy (kiri) meresmikan layanan kemudahan visa bagi 23 perusahaan Indonesia melalui Select Business Scheme (SBS). - Bisnis/Dwi Nicken Tari

Bisnis.com, JAKARTA—Inggris memberikan layanan kemudahan visa bagi 23 perusahaan Indonesia melalui Select Business Scheme (SBS).

Skema itu diluncurkan oleh Duta Besar Inggris untuk Indonesia Moazzam Malik pada Kamis (22/11/2018) dengan harapan dapat memberikan sejumlah manfaat dan mengeratkan hubungan dagang dan investasi antara Indonesia dan Inggris.

“Skema ini terbuka, kami telah mengundang 23 perusahaan untuk berpartisipasi di skema ini. Seluruh stafnya, baik Indonesia maupun asing berhak mendapatkan layanan ini [SBS],” kata Malik di Kedutaan Besar Inggris di Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (22/11/2018).

Dia memaparkan, lewat layanan tersebut, Pemerintah Inggris akan menyederhanakan proses pengajuan visa dan menawarkan tailored package (paket yang disesuaikan) bagi karyawan di perusahaan yang telah terdaftar.

Adapun visa yang ditawarkan termasuk visa jangka panjang (long-term visa) dalam jangka 2—10 tahun beserta visa multiple-entry.

“Jadi kami harap layanan ini dapat memudahkan pebisnis [dari perusahaan-perusahaan yang telah terdaftar] yang sering berkunjung ke Inggris,” imbuh Direktur Bagian Visa Inggris Wilayah Asia Pasifik Dominique Hardy.

Selanjutnya, Malik menambahkan, tidak ada syarat khusus bagi perusahaan yang ingin mendaftarkan perusahaan ke dalam SBS. 

“Satu-satunya syarat dalam cara kami mengidentifikasi perusahaan adalah perusahaan yang penting dalam hubungan bisnis antara Inggris dan Indonesia,” tutur Malik.

Dia menjelaskan, beberapa perusahaan besar di Indonesia telah menjadi mitra bisnis penting bagi pebisnis di Inggris. Diharapkan, hal ini dapat mendongkrak pertumbuhan ekonomi Indonesia menjadi double digit dalam tahun-tahun mendatang.

Adapun berikut daftar perusahaan yang telah bergabung dalam SBS:
 
  1. PT Bank HSBC Indonesia
  2. PT Standard Chartered Indonesia
  3. Prudential Indonesia/PT Prudential Life Assurance
  4. PT Unilever Indonesia Tbk
  5. PT BMT Asia Pacific Indonesia
  6. KPMG Asia Pacific Indonesia/PT PT KPMG Advisory Indonesia
  7. PT Mott MacDonald Indonesia
  8. PT Aggreko Energy Services Indonesia
  9. Coventry University
  10. Diageo
  11. PT Wira Pamungkas Pariwara
  12. PT Sinar Mas Group
  13. PT Kereta Api Indonesia
  14. PT Jakarta Propertindo
  15. PT Serba Dinamik Indonesia
  16. Kapal Api/PT Santoso Jaya Abadi
  17. PT AstraZeneca Indonesia
  18. JCB Indonesia/PT JCB International Indonesia
  19. Swire Properties Pte Ltd
  20. BP Indonesia/PT BP Indonesia
  21. PT Rolls Royce
  22. PT Santoso Jaya Abadi/Kapal APi Group
Tag : ekonomi inggris, bebas visa
Editor : Gita Arwana Cakti

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Top