CIMB Niaga Raih Asean Corporate Governance Awards 2018

PT Bank CIMB Niaga Tbk dinobatkan sebagai salah satu perusahaan publik terbaik di ASEAN yang menerapkan tata kelola perusahaan sesuai standar ASEAN Corporate Governance Scorecard.
Ropesta Sitorus
Ropesta Sitorus - Bisnis.com 24 November 2018  |  06:29 WIB
CIMB Niaga Raih Asean Corporate Governance Awards 2018
Layanan nasabah di kantor PT. Bank CIMB Niaga Tbk, di Jakarta. - JIBI/Nurul Hidayat

Bisnis.com, MEDAN - PT Bank CIMB Niaga Tbk dinobatkan sebagai salah satu perusahaan publik terbaik di ASEAN yang menerapkan tata kelola perusahaan sesuai standar ASEAN Corporate Governance Scorecard.

CIMB Niaga berhasil meraih dua penghargaan yaitu Top 50 ASEAN Public Listed Companies dan Top 3 Public Listed Companies dari Indonesia pada ajang ASEAN Corporate Governance Awards 2018 yang diselenggarakan oleh ASEAN Capital Markets Forum (ACMF) di Kuala Lumpur, Malaysia beberapa waktu lalu.

Direktur Compliance, Corporate Secretary & Legal CIMB Niaga Fransiska Oei mengatakan pengakuan dari lembaga independen berskala regional tersebut menempatkan CIMB Niaga sejajar dengan perusahaan-perusahaan publik terbaik di ASEAN dalam hal penerapan Good Corporate Governance (GCG).

“Penghargaan yang diterima untuk kedua kalinya ini, menjadi motivasi bagi seluruh jajaran di CIMB Niaga untuk terus meningkatkan kepatuhan pada standar tata kelola perusahaan yang berlaku di Indonesia dan ASEAN,” kata Fransiska lewat keterangan resmi, Jumat (23/11/2018).

Menurutnya, implementasi GCG menjadi prioritas CIMB Niaga. Perseroan berkomitmen menerapkan GCG dengan prinsip beyond compliance sebab penerapan GCG diyakini akan menjadikan perseroan lebih profesional dan berdaya saing tinggi, sehingga mampu mencapai nilai-nilai maksimal bagi para pemangku kepentingan.

Sebagai informasi, ASEAN Corporate Governance Awards 2018 merupakan penghargaan yang menilai praktik Corporate Governance para emiten di negara-negara Asia Tenggara.

Penghargaan ini diinisiasi oleh ACMF dan didukung oleh Asian Development Bank untuk membentuk kerangka kerja tata kelola bersama di seluruh kawasan dan untuk meningkatkan profil perusahaan publik ASEAN dalam komunitas investasi global.

Tahun ini, ACMF juga melibatkan pihak independen untuk melakukan verifikasi langsung ke perusahaan terpilih di enam negara yaitu Indonesia, Malaysia, Thailand, Singapura, Filipina, dan Vietnam.

Penilaian didasarkan pada 5 faktor yaitu rights of shareholders, equitable treatment of shareholders, role of stakeholders, disclosure and transparency, dan responsibilities of the board serta poin bonus atau penalty atas penerapan ke-5 faktor tersebut.

“Keberhasilan CIMB Niaga terpilih kembali menjadi pemenang ASEAN Corporate Governance Awards tahun ini diharapkan semakin meningkatkan kepercayaan investor dan nasabah. Hal ini menjadi sangat penting bagi sustainability usaha perseroan di masa yang akan datang,” tuturnya.

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
perbankan

Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top