Aviliani: Potensi Produk Fesyen Sangat Besar di Pasar Ekspor

Ekonom Aviliani menilai potensi pertumbuhan ekonomi Indonesia dari segi industri kreatif sangat besar.
Nur Faizah Al Bahriyatul Baqiroh | 27 November 2018 20:10 WIB
Ekonom Aviliani saat tampil membawakan Look MeLookmel pada acara trunk show 'Celebration' di Fashion Legacy, Lippo Kemang Village, Jakarta Selatan, Selasa (27/11/2018). - Bisnis/Nur Faizah Al Bahriyatul Baqiroh

Bisnis.com, JAKARTA - Ekonom Aviliani menilai potensi pertumbuhan ekonomi Indonesia dari segi industri kreatif sangat besar.

"Pontensinya besar dan bisa membantu pemerintah dalam ekspor. Karena kalau kita lihat desainer-desainer kita yang utama menggunakan bahan-bahan di dalam negeri itu sebenarnya paling disukai dibandingkan dengan barang-barang impor," kata Aviliani usai tampil sebagai muse look MeeLookmel pada acara truck show 'Celebration' di Fashion Legacy, Lippo Kemang Village, Kemang, Jakarta Selatan, Selasa (27/11/2018).

Menurutnya, fesyen dan kerajinan tangan hasil karya anak bangsa sebenarnya sangat dibutuhkan di luar negeri.

"Cuma problemnya, ketika mau ekspor bingung kan, gimana caranya? Itu pelatihannya tidak dapat," ujar Aviliani.

Apalagi dikatakan Aviliani kebanyakan dari pelaku bisnis di bidang industri kreatif utamanya fesyen adalah pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM).

Sehingga, apabila mereka selesai melakukan pameran atau ikut acara fashion show di luar negeri dan barang yang dipamerkan laris, ketika ada repeat order para pelaku Industrinya terkadang kebingungan bagaimana cara mengeskpor produk mereka dengan benar.

"Jadi saya rasa perlu ada sosialiasi pemerintah kepada para desainer [untuk mengetahui cara melakukan ekspor]," tandasnya.

Tag : fashion
Editor : Sutarno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top