Powell: Ekonomi Kuat Belum Menjangkau Seluruh Warga Amerika

Gubernur Federal Reserve Amerika Serikat (AS) Jerome Powell mengakui bahwa ekonomi yang kuat di AS belum dirasakan seluruh warganya.
Renat Sofie Andriani | 04 Desember 2018 08:31 WIB
Jerome Powell -

Bisnis.com, JAKARTA – Gubernur Federal Reserve Amerika Serikat (AS) Jerome Powell menyatakan bank sentral AS tersebut telah membuat kemajuan menuju ekonomi yang kuat. Namun pada saat yang sama ia juga mengakui bahwa kondisi itu belum dirasakan seluruh warga Amerika.

“Misi Federal Reserve adalah untuk mendorong ekonomi yang kuat dan sistem keuangan yang sehat,” kata Powell dalam pernyataannya yang dipersiapkan untuk disampaikan di Washington, seperti dilansir Bloomberg.

“Dengan gembira saya katakan kami telah membuat banyak kemajuan menuju tujuan tersebut.”

Komentar yang disampaikan dalam acara perdana Janet L. Yellen Award for Excellence in Community Development, tersebut dirilis oleh The Fed.

Powell, yang menegaskan kembali pandangannya tentang kekuatan ekonomi AS baru-baru ini, mengatakan penurunan tingkat pengangguran AS ke level terendah sejak 1969, kenaikan upah, peningkatan aset rumah tangga, dan kepercayaan konsumen yang lebih tinggi telah mendukung pembelanjaan konsumen yang kuat.

Namun, perekonomian AS juga menghadapi sejumlah tantangan jangka panjang, termasuk pertumbuhan upah yang lambat untuk pekerja berpenghasilan rendah dalam beberapa dekade terakhir, pertumbuhan produktivitas yang baru meningkat akhir-akhir ini, dan populasi yang menua.

“Manfaat dari ekonomi yang kuat dan sistem keuangan yang sehat ini belum menjangkau semua warga Amerika,” kata Powell. “Kumpulan statistik cenderung menutupi perbedaan penting menurut pendapatan, ras, dan geografi.”

Komentar Powell tidak secara langsung membahas pandangan atau kebijakan ekonominya. Pekan lalu, ia mengatakan bahwa suku bunga The Fed mendekati kisaran perkiraan yang dipandang oleh para pembuat kebijakan Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC) sebagai level netral yang tidak memacu atau pun memperlambat ekonomi.

Dalam pernyataannya Powell juga menyanjung Gubernur Fed sebelumnya, Janet Yellen, dan berjanji akan meneruskan "pesan" Yellen untuk mewujudkan ekonomi yang lebih inklusif yang memberi manfaat bagi lebih banyak warga Amerika.

Senada, anggota Dewan Gubernur Fed Lael Brainard, dalam pernyataan terpisah di acara tersebut, memuji Yellen, dengan mencatat perhatian yang Yellen berikan kepada masyarakat berpenghasilan rendah.

“Gubernur Yellen membawa masalah kesenjangan ekonomi ke garis depan diskusi-diskusi kami, dengan secara konsisten menekankan pentingnya ekonomi yang berjalan untuk semua orang,” ujar Brainard.

Tag : Kebijakan The Fed
Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top