Tak Perlu Muluk-Muluk, Buat Resolusi Keungan Sederhana Tapi Pasti

Lebih baik memiliki resolusi keuangan yang sederhana yang dapat dilaksanakan dengan konsisten dari pada memiliki resolusi keuangan yang besar, namun mustahil untuk dilakukan.
Asteria Desi Kartika Sari | 07 Januari 2019 18:59 WIB
Ilustrasi. - Linnareacu

Bisnis.com, JAKARTA — Membuat resolusi keuangan tidak perlu muluk-muluk. Lebih baik memiliki resolusi keuangan yang sederhana yang dapat dilaksanakan dengan konsisten dari pada memiliki resolusi keuangan yang besar, namun mustahil untuk dilakukan.

Pasalnya, perencana keuangan Tatadana Consulting Tejasari Assad mengatakan membuat resolusi keuangan juga perlu disesuaikan dengan kondisi keuangan. Harus sesuai dengan realita keuangannya sendiri.

Misalnya saja, resolusi keuangan untuk tahun ini bebas dari hutang, apabila memiliki hutang yang banyak, setidaknya tahun ini dapat terselesaikan seluruhnya. Selain itu, bisa juga resolusi keuangan untuk membuat dana darurat, atau membuat investasi karena tahun sebelumnya hanya memiliki tabungan saja.

“Sederhana saja, supaya tidak ngawang-awang kemana-mana, sesuai dengan realitas keuangannya sendiri,” kata Tejasari kepada Bisnis, Senin (7/1/2019).

Kebanyakan saat ini, resolusi keuangan hanya bersifat untuk senang-senang atau konsumtif, misalnya tahun depan pergi jalan-jalan. Padahal, apabila memiliki resolusi keuangan yang baik, bukan tidak mungkin untuk mencapai tujuan keuangan yang diinginkan lebih cepat.

“Jadi dapat mencapai sesuai dengan harapan hidupnya, tidak cuma muter-muter di situ saja,” tambahnya.

Artinya, apabila tidak memiliki resolusi keuangan, meskipun sudah bekerja selama bertahun-tahun namun tidak memiliki apa-apa, lebih parah lagi terlilit hutang yang banyak. “Kalau kita memiliki resolusi keuangan dan secara secara bertahap pertahun kita selesaikan satu persatu langkah keuangan itu, maka pengelolaan keuangannya akan lebih baik dan dapat mencapai tujuan keuangan yang diharapkan,” jelasnya.

Tag : tips keuangan
Editor : Miftahul Ulum

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top