Akhir Januari 2019, Tabungan Haji Danamon Syariah Capai 1.700 Rekening

Unit Usaha Syariah PT Bank Danamon Indonesia Tbk. membidik pertumbuhan tabungan haji Danamon Syariah sepanjang 2019 sebagai salah satu strategi untuk menggejot dana murah.
Ropesta Sitorus | 08 Februari 2019 20:33 WIB
Pelaksanaan salat di Masjidil Haram, Makkah. - Reuters/Suhaib Salem

Bisnis.com, JAKARTA - Unit Usaha Syariah PT Bank Danamon Indonesia Tbk. membidik pertumbuhan tabungan haji Danamon Syariah sepanjang 2019 sebagai salah satu strategi untuk menggejot dana murah. 

Herry Hykmanto, Direktur Syariah Bank Danamon menyatakan sejak diaktifkan pada kuartal akhir 2018, perkembangan tabungan haji Danamon Syariah menunjukkan tren yang positif.

Tercatat per 31 Januari 2019, total tabungan  haji Bank Danamon mencapai lebih dari 1.700 rekening, yang terdiri dari Rekening Tabungan Jemaah Haji (RTJH) dan Tabungan Rencana Haji (TRH).

Adapun size simpanan untuk RJTH yakni minimal Rp25 juta sedangkan untuk nominal TRH disesuaikan dengan kemampuan nasabah.

Herry optimistis Danamon Syariah akan dapat menarik 3.000 rekening Tabungan Haji dalam setahun.

“Aksesnya diperbanyak dan dipermudah, artinya nasabah bisa datang membuka rekening tabungan haji di semua kantor cabang kami yang berjumlah lebih dari 400 cabang, mudah-mudahan pertambahannya bisa cepat dan target 3.000 nasabah dalam setahun bisa tercapai,” katanya di Jakarta, Jumat (8/2/2019).

UUS Danamon Syariah, kata Herry, akan meningkatkan program-program edukasi untuk mengingatkan para calon nasabah agar mempersiapkan dana haji sejak dini dan secara reguler.

Peningkatan tabungan akan dimaksimalkan lewat sinergi dengan jaringan Bank Danamon seperti Adira Finance serta nasabah-nasabah korporasi eksisting Bank Danamon.

“Kami sedang rancang program sinerginya dan mudah-mudahan tahun ini diluncurkan. Intinya nasabah Adira Finance Syariah termasuk nasabah-nasabah korporasi yang banyak pegawainya tentunya punya kebutuhan untuk haji, jadi [sinergi] akan kami lakukan seluas-luasnya,” paparnya.

Selain itu, guna menarik minat nasabah, perseroan akan membuat program undian dan memberikan manfaat tambahan berupa perlindungan asuransi jiwa syariah untuk nasabah tabungan haji dengan nominal tertentu.

Herry optimistis upaya-upaya tersebut akan  mampu mengerek jumlah tabungan di  UUS Bank Danamon. Perseroan membidik dana tabungan bisa tumbuh  25% sampai akhir tahun  2019.

Adapun data per akhir 2018, jumlah penabung di UUS Bank Danamon berkisar 500.000 dengan nominal tabungan hampir Rp2 triliun.

Secara  keseluruhan, dana murah  - baik tabungan dan giro – menyumbang porsi sekitar 40% dari total dana pihak ketiga (DPK) yang dihimpun UUS Bank Danamon. Sepanjang tahun 2018, penghimpunan DPK tumbuh 19%.

“Proyeksi kami tahun 2019 pendanaan tumbuh 18%, namun khusus dana murah CASA [current account saving account] tumbuh 25% supaya komposisi CASA bisa naik jadi 50%,”  jelasnya.

Salah satu gimmick yang dilakukan UUS Bank Danamon untuk menarik nasabah yakni lewat pemberian hadiah daftar haji gratis kepada nasabah Danamon Syariah yang ikut dalam program tabungan haji, baik untuk daftar haji melalui Rekening Tabungan Jemaah Haji (RTJH) maupun untuk merencanakan Haji melalui Tabungan Rencana Haji (TRH).

Penyerahan apresiasi daftar haji gratis kepada dua orang nasabah terpilih dilakukan di Menara Bank Danamon, Jakarta, Jumat (8/2/2019).  

“Hal ini disampaikan atas kepercayaan yang diberikan nasabah sekaligus semangat dalam melakukan perencanaan keuangan sejak dini yang patut diteladani masyarakat luas.”

Tag : bank danamon
Editor : Andhika Anggoro Wening

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top