Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

LAPORAN DARI DUBAI : BRI Raih Dua Penghargaan The Asian Banker

PT Bank Rakyat Indonesia Tbk. (Persero) meraih dua penghargaan dari The Asian Banker dalam ajang Exellence in Retail Financial Services, International Awards 2019.

Bisnis.com, DUBAI – PT Bank Rakyat Indonesia Tbk. (Persero) meraih dua penghargaan dari The Asian Banker dalam ajang Exellence in Retail Financial Services, International Awards 2019.

Lembaga internasional penyedia informasi dan pengembangan platform bagi sektor jasa keuangan ini menganugerahi penghargaan Best Retail & Best Digital Bank in Indonesia kepada BRI.

Indra Utoyo, Managing Director Information Technology & Operation BRI, mengatakan pihaknya sangat mengapresiasi penghargaan tersebut. Apalagi, BRI menjadi seraih dua penghargaan itu sekaligus.

“Ini sebuah kehormatan bagi kami. Ini menjadi penghargaan yang sangat prestisius yang diraih BRI,” jelasnya di depan para undangan seusai menerima penghargaan, Kamis (21/3/2018) malam waktu setempat.

Indra mengatakan sebagai bank dengan sejarah panjang dan dengan pangsa pasar terbesar untuk pembiayaan mikro di Indonesia, BRI terus berupaya fokus untuk menghadirkan layanan yang cepat, lebih baik dan terjangkau.

Pihaknya pun ingin menjangkau lebih banyak pelaku usaha mikro, kecil dan menengah atau micro small medium enterprise (MSME) di Indonesia di tengah kondisi geografis yamg cukup menantang.

“Kami ingin melayani MSME di seluruh bagian Indonesia dengan semakin baik, cepat, dan lebih murah. Indonesia terdiri dari ribuan pulau.”
Untuk itu, sambung Indra, pihaknya terus melakukan transformasi melalui digitalisasi dan layanan anyar.

Menurutnya, BRI akan selalu terbuka dengan berbagai best practices di industri perbankan dan juga mengembangkan new practices untuk mewujudkan tujuan itu.

“Kami terus bertransformasi, termasuk untuk pengembangan digital.”

Adapun, The Asian Banker memberikan penghargaan Best Retail Bank in Indonesia lantaran BRI dinilai mampu meningatkan performa pada 2018 dengan didorong oleh pembiayaan kepada sektor MSME.

Portofolio pembiayaan BRI di sektor itu tercatat lebih dari 75 persen dari total kredit perseroan. Dengan komposisi itu, The Asian Banker menilai BRI mampu menghadirkan pembiayaan yang murah pada 2018.

“Inisiatif-inisiatif BRI mengarah pada pembiayaan murah (low cost funding)," jelas Emmanuel Daniel, President of The Asian Banker.

Untuk penghargaan Best Digital Bank in Indonesia, BRI dinilai mampu melakukan sejumlah inovasi digital yang mampu meningkatkan kinerja operasional hingga 30 persen dan menekan lebih dari 10 persen beban operasional.

Sejumlah inovasi itu, yakni implementasi application programing interface (API) kepada pihak ketiga secara eksklusif, termasuk untuk digital startup dan ecommerce, peluncuran platform peer to peer lending untuk memacu pembiayaan, dan pengembangan agen branchless banking, serta peluncuran personal virtual assistance.

“Inisiatif lain adalah dengan mendorong peralihan wirausaha MSME menjadi technopreneurs.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Akhirul Anwar
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper