Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bank Sambut Positif Standardisasi QR Code BI

Industri perbankan menyambut positif kebijakan Bank Indonesia yang akan menyiapkan standardisasi QR Code payment Indonesia Standard untuk mendukung ekosistem ekonomi keuangan digital. 
Karyawan melintas di dekat logo Bank Indonesia (BI) di Jakarta, Senin (25/2/2019)./Bisnis-Abdullah Azzam
Karyawan melintas di dekat logo Bank Indonesia (BI) di Jakarta, Senin (25/2/2019)./Bisnis-Abdullah Azzam

Bisnis.com, JAKARTA - Industri perbankan menyambut positif kebijakan Bank Indonesia yang akan menyiapkan standardisasi QR Code payment Indonesia Standard untuk mendukung ekosistem ekonomi keuangan digital. 

SEVP Transaction Banking and Retail Sales PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. Thomas Wahyudi mengatakan Bank Mandiri, sebagai salah satu bank dengan transaksi digital terbesar, sangat mendukung berbagai metode pembayaran yang berkembang sekarang ini.

"Semakin beragam metode pembayaran yang diimplementasikan, semakin banyak kemudahan yang diberikan ke nasabah dan semakin baik buat Bank Mandiri juga," kata Thomas kepada Bisnis, Jumat (22/3/2019).

Menurutnya, sistem pembayaran berkembang sangat cepat mulai dari barter diawal-awal manusia mengenal perdagangan hingga pembayaran terbaru dengan menggunakan QR code. 

Senada, Executive Vice President PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Arief Wicaksono mengungkapkan sangat mendukung standar QR Indonesia Standard (QRIS). 

Arief menjelaskan, dengan QR code yang terstandardisasi, memungkinkan interoperabilitas antar platform pembayaran, tidak hanya antar bank, namun juga antara bank dan financial technology (fintech). Selain itu, Arief menilai QRSI juga akan memberikan kenyamanan bagi nonsumen.

"Ini artinya efisiensi sekaligus kenyamanan bagi pengguna atau nasabah," katanya kepada Bisnis, Jumat (22/3/2019).

PT Bank Syariah Mandiri (Mandiri Syariah) ikut  mendukung standarisasi QRSI yg disiapkan oleh BI.

Direktur Mandiri Syariah Putu Rahwidhiyasa mengatakan standardisasi tersebut akan membuat pengembangan transaksi pembayaran yang menggunakan QR Code akan semakin efisien dan terintegrasi.

Putu menuturkan hal tersebut sudah dibuktikan Mandiri Syariah yang sudah menggunakan QR code. Bahkan, pihaknya akan terus mengembangkan QR Code dalam transaksi-transaksi pembayaran ke depannya.

Direktur IT dan Operation PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk., Andi Nirwoto, menilai standarisasi dan perluasan QRSI akan memberikan dampak yang positif, khususnya bagi nasabah.

"Dengan QRIS, akan tercipta proses interop dalam bertransaksi bagi nasabah pada merchant-merchant, sangat bagus," kata Andi.

Standardisasi QR Code payment dengan model Merchant Presented Mode atau MPM ke dalam QR Indonesia Standard tengah dipersiapkan BI.

Deputi Gubernur BI Sugeng menyampaikan standardisasi ini akan memperluas interkoneksi dalam rangka mendukung sistem ekonomi keuangan digital.

Selain itu, QR QRIS akan diperluas tidak hanya ke merchant, tetapi juga ke masyarakat luas.

"Selama 2 bulan ke depan akan diuji sehingga lebih efisien dan akan memperkuat program elektronifikasi untuk penyaluran bantuan sosial, moda transportasi, dan transaksi keuangan pemerintah daerah," kata Sugeng, Kamis (21/3/2019).

Sugeng menjelaskan implementasi pada pilot pertama telah berhasil, diimplementasikan oleh member dari penerbit uang elektronik dari bank maupun nonbank dan merchant yang di sekitar lokasi penerbit.

"Pilot pertama setelah QRSI dibangun dengan industri dipilotkan kepada sejulah penerbit uang elektronik  dengan rincian 19 bank dan 68 merchant," jelas Sugeng.

Sugeng memaparkan QRIS harus mendukung terintegrasinya ekonomi dan keuangan digital, termasuk financial technology (fintech). QRIS juga harus berstandar internasional berdasarkan standar Europay Mastercard Visa (EMV).

Tambahnya, QRIS juga harus memperhatikan perlindungan konsumen dan BI juga akan melakukan uji skenario dampak bila sinyal lemah pada penggunaan QR. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Maria Elena
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper