Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BRI Terbitkan Global Sustainability Bond, Oversubscribed 8 Kali

BRI menerbitkan global sustainability bond sebesar US$500 juta sebagai alternatif sumber pendanaan untuk ekspansi kredit, khususnya segmen usaha mikro kecil dan menengah.
Pengunjung melintasi logo Bank BRI di sebuah pusat perbelanjaan di Jakarta, Senin (13/4). /Bisnis.com
Pengunjung melintasi logo Bank BRI di sebuah pusat perbelanjaan di Jakarta, Senin (13/4). /Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA — PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. menerbitkan global sustainability bond sebesar US$500 juta sebagai alternatif sumber pendanaan untuk ekspansi kredit, khususnya segmen usaha mikro kecil dan menengah. 

Obligasi dalam denominasi dolar Amerika Serikat tersebut memiliki tenor 5 tahun dengan kupon sebesar 3,95% per tahun. Kupon dibayar dua kali satu tahun (semi-annual).  

Penerbitan obligasi dengan skema berwawasan lingkungan (green) dan sosial ini merupakan penerbitan yang memenuhi standard Sustainability Bond ASEAN.  

Bambang Tribaroto, Corporate Secretary Bank BRI mengungkapkan penawaran sustainability bond Bank BRI ini berhasil menarik minat investor secara signifikan. Jumlah permintaan investor terhadap obligasi ini mencapai lebih dari US$4,1 miliar, jauh lebih tinggi dibandingkan dengan nilai total obligasi yang ditawarkan sebesar US$500 juta. 

“Tingkat oversubscription mencapai lebih dari 8 kali,” ujar Bambang, Selasa (26/3/2019). 

Bambang melanjutkan, obligasi tersebut merupakan sustainability bond pertama yang diterbitkan oleh perusahaan BUMN. Penerbitan surat utang tersebut, menurutnya, merupakan bentuk komitmen BRI sebagai first mover dalam mengimplementasikan praktik keuangan berkelanjutan di Indonesia yang diprakarsai Otoritas Jasa Keuangan (OJK). 

BRI dengan kinerja keuangannya yang cemerlang selama lebih dari satu dekade berhasil memperoleh kepercayaan investor pasar modal baik nasional maupun internasional. Hal ini terbukti dari rendahnya spread terhadap US Treasury yang dikenakan pada global bond yang diterbitkan BRI.  

Global bond BRI yang terbit tahun 2018 mendapatkan spread sebesar 195 bps, atau sebesar 60 bps atas global bond yang diterbitkan pemerintah Indonesia. Yang terakhir, sustainable bond BRI mendapatkan spread yang juga sangat baik atas US Treasury yaitu sebesar 168 atau 35 bps di atas global bond yang diterbitkan pemerintah RI.  

Rendahnya spread tersebut sekaligus mencerminkan rendahnya risiko gagal bayar, terlihat dari rating yang diberikan oleh lembaga pemeringkat Internasional, Fitch Rating memberi peringkat espektasi BBB- dan Moody’s mengganjar dengan rating Baa2. 

Bambang menjelaskan penerbitan Sustainability Bond kali ini merupakan salah satu alternatif sumber pendanaan BRI untuk memperkuat bisnis di segmen UMKM. Hingga Desember 2018 penyaluran kredit di segmen tersebut telah mencapai 76,5% dari total kredit BRI.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ropesta Sitorus

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper